Kembangkan Tashih Online, LPMQ Gagas SILAT

Transformasi layanan digital merupakan salah satu program prioritas pemerintah dalam rangka memberikan kemudahan layanan kepada mayarakat, dalam berbagai hal, termasuk dalam layanan pentashihan yang diamanahkan kepada Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ). Demikian dijelaskan Kepala LPMQ, Dr. Muchlis M. Hanafi, MA pada acara Pengembangan Aplikasi Jendela Al-Qur’an, Kamis 21 Juli 2022 di Park Hotel, Jakarta Timur.

“Transformasi layanan digital menjadi prioritas layanan semua instansi pemerintah. Kementerian Agama sendiri sudah melakukannya sejak era Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin. Hingga saat ini Lajnah sudah memiliki kurang lebih 9 aplikasi terkait Al-Qur’an yang memudahkan masyarakat pada layanan yang dilakukan oleh LPMQ,” jelas Muchlis.

Untuk layanan tashih online, pengembangan yang dilakukan diantaranya adalah mengubah istilah penggunaan layanan tashih online menjadi Sistem Informasi Layanan Tashih disingkat SILAT. Penggunaan istilah ini, selain mengacu pada sistem informasi pentashihan di dalamnya, juga untuk memudahkan mengenalkan sistem ini dengan istilah yang lebih sederhana dan mudah diingat.

“Penggunaan istilah SILAT sebagai pengganti Layanan Tashih Online yang digunakan sebelumnya adalah untuk memperkenalkan layanan tashih kepada masyarakat dengan istilah yang lebih sederhana dan mudah diingat,” jelas Deni Hudaeny selaku Koordinator Bidang Pentashihan.

Narasumber pada acara ini, Pramoko Aji, menyoroti tampilan website tashih online, diantarnya adalah bentuk tampilan muka front end website seperti tata letak dan fungsi-fungsi fitur di dalamnya yang perlu ditata ulang. Untuk kontennya sendiri, hal yang akan diperbaiki atau akan ditambahkan diantarnya adalah penambahan fitur untuk pentashih yang berkepentingan dengan tugas yang diemban dan sekaligus memudahkan dalam melakukan kerja-kerja pentashihan. [Must]

 

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved