Kunjungi Stan BQMI di Kalsel Expo MTQ Nasional 2022, Eny Retno Yaqut Apresiasi Qur’an Kemenag

 

Eny Retno Yaqut, istri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, memberi apresiasi pada aplikasi Qur’an Kemenag. Hal tersebut disampaikan Eny pada Rabu (12/10) saat mengunjungi stan pameran Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) di Kalsel Expo 2022.

Eny mengatakan, unit-unit kerja kemenag sudah seharusnya tidak hanya menghasilkan kebijakan-kebijakan tetapi juga produk-produk aplikatif yang bisa digunakan secara langsung oleh masyarakat. “Jadi kita nggak cuma ngatur-ngatur aja, tetapi juga memberi solusi yang memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Eny.

Selain menyampaikan apresiasi, Eny juga menyampaikan wanti-wanti. “Kemenag gak boleh kalah kalau bikin produk apalagi yang berhubungan dengan Al-Qur’an. Harus terus dikembangkan jangan sampai kalah keren dari produk-produk Qur’an lain,” tambah Eny.

Eny Retno Yaqut hadir di Martapura dalam rangka membuka secara resmi kegiatan Kalsel Expo 2022, yang diselenggarakan dalam rangka perhelatan MTQ Nasional XXIX yang digelar di Kalimantan Selatan, tepatnya di Banjar, Banjar Baru, dan Banjarmasin. Adapun Kalsel Expo 2022 sendiri bertempat di Lapangan Cahaya Bumi Selamat, Martapura, Kabupaten Banjar.

Dalam pameran di Kalsel Expo 2022/MTQ Nasional XXIX ini, BQMI melakukan edukasi bertema Mengenal Mushaf Standar Indonesia (MSI). Menurut Liza Mahzumah, Koordinator Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi LPMQ yang juga ketua tim pameran BQMI, Expo di momen MTQ adalah momen yang relevan dan strategis untuk mensosialisasikan MSI, terutama pada masyarakat awam. “Stan BQMI tidak hanya menampilkan konten ringkas tentang MSI, tetapi juga seputar rasm Usmani dan ilustrasi perbedaan cara penulisan ayat antara MSI dan Mushaf Madinah,” Liza menambahkan.

Adapun benda koleksi yang dipamerkan yaitu MSI Rasm Usmani, Mushaf Magribi (mushaf terbitan Maroko), MSI Braille, Mushaf kuno Aceh, Mushaf Kalimantan Barat, dan Mushaf Istiqlal. Stan BQMI juga menampilkan beberapa produk hasil pengkajian Al-Qur’an dari seri Tafsir Ilmi dan Tafsir Tematik. [Bayumurti]     

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved