Lajnah Siap Cetak 19 Judul Buku Tafsir Ilmi Tahun 2019

Upaya peningkatan kualitas pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Islam (Al-Qur’an) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara terus diupayakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Pada tahun 2009 hingga tahun 2016 LPMQ bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melaksanakan kegiatan kajian dan penyusunan Tafsir Ilmi atau disebut juga dengan Tafsir Ayat-ayat Kauniyah, yang merupakan ikhtiar untuk mengelaborasi kandungan makna ayat-ayat kauniyah dalam Al-Qur’an.

Kegiatan tersebut pada mulanya dilaksanakan dalam rangka melengkapi penjelasan ayat-ayat sains dalam Al-Qur’an dan Tafsirnya yang telah lebih dahulu diterbitkan LPMQ. Penjelasan tambahan tersebut kemudian disempurnakan dan diterbitkan menjadi buku tersendiri yang kemudian diberi judul Tafsir Ilmi.

Metode yang diterapkan dalam kajian dan penyusunan Tafsir Ilmi serupa dengan metode kajian dan penyusunan Tafsir Tematik. Sebagai langkah awal, ayat-ayat yang terkait tema bahasan dihimpun untuk selanjutnya dianalisis dalam rangka menemukan pandangan Al-Qur’an yang utuh menyangkut persoalan tersebut. Hanya saja dalam Tafsir Tematik fokus bahasannya menitikberatkan pada persoalan akidah, akhlak, ibadah, dan sosial, sedangkan Tafsir Ilmi fokus pada kajian saintifik terhadap ayat-ayat kauniyah dalam Al-Qur’an.

Dalam rentang waktu 7 tahunan, kerja sama tersebut telah berhasil menyusun dan menerbitkan 19 judul buku yang dicetak menjadi 20 buah buku. Satu judul buku, “Hewan dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains” dibagi menjadi dua buah buku, karena terlalu tebal. Kesembilan belas judul buku tersebut adalah sebagai berikut:
1. Penciptaan Jagat Raya dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 2. Penciptaan Bumi dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 3. Penciptaan Manusia dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 4. Tumbuhan dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 5. Air dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 6. Kiamat dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 7. Seksualitas dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 8. Manfaat Benda Benda Langit dalam Perspektif AL-Qur'an dan ? Sains, 9. Kisah Para Nabi Pra-Ibrahim dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 10. Hewan dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 11. Makanan dan Minuman dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 12. Samudra dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 13. Waktu dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 14. Eksistensi Kehidupan di Alam Semesta dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 15. Jasad Renik dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 16. Periodisasi Kepunahan Makhluk Hidup di Bumi dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 17. Gelombang Elektromagnetik dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, 18. Gunung dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains 19. Fenomena Kejiwaan Manusia dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains.

Mengingat buku ini sangat diminati masyarakat, pada tahun anggaran 2019 LPMQ akan mencetak keseluruhan buku Tafsir Ilmi menjadi satu paket, 19 judul buku, setelah pada tahun-tahun sebelumnya buku tersebut dicetak rata-rata 3 judul setiap tahunnya. Sebelum dicetak, master naskah Tafsir Ilmi dibaca dan di-layout ulang tim penerbitan LPMQ. Berbagai kesalahan tulis dan substansi yang tidak tepat disesuaikan, termasuk matan (isi) hadis beserta periwayatnya. Teks Al-Qur’an dan Terjemahannya juga telah diperiksa ulang oleh para pentashih. [bp]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved