LPMQ Luncurkan Lomba Kaligrafi Batik Nasional 2021

Dalam rangka melestarikan tradisi dan budaya lokal di Indonesia, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI meluncurkan Lomba Kaligrafi Batik Nasional secara resmi pada Selasa (4/5/2021) di Gedung Bayt Al-Qur’an TMII. Lomba ini dilaksakanakan selama 5 bulan untuk semua tahapannya.

Koordinator Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi, Liza Mahzumah, dalam laporannya menjelaskan bahwa lomba ini untuk melestarikan budaya lokal dan diharapkan menjadi pemantik perkembangan seni kaligrafi dan seni batik yang ada di Indonesia. “Lomba ini mencoba menawarkan teknik alternatif untuk memperkaya khazanah kaligrafi Islam Indonesia, sekaligus memperteguh batik Indonesia (sebagai identitas budaya),” tuturnya menjelaskan.

Menurut kepala LPMQ, lomba ini merupakan upaya untuk mempertemukan budaya dan agama agar menjadi harmoni dan menghasilkan suatu karya yang luar biasa. Dengan adanya lomba ini, ia berharap nanti para seniman bisa berkreasi dengan memanfaatkan budaya lokal, dalam hal ini batik dan kolaborasi dengan seniman kaligrafi. “Kami berharap bahwa dengan mempertemukan antara budaya lokal Nusantara dengan seni Islam ini mudah-mudahan budaya lokal ini bisa dikenal lagi di dunia internasional, terutama di kalangan negara Islam. Mudah-mudahan kita bisa memperkenalkan budaya Islam Indonesia ini ke luar negeri atau dunia Islam,” jelasnya.

Peluncuran lomba ini dilakukan melalui zoom meeting dan dihadiri para narasumber ahli kaligrafi, seni kriya, dan seni batik. Begabung sebagai peserta, dari berbagai kalangan seniman kaligrafi dan batik.  Melalui lomba ini diharapkan lahir hasil atau karya terbaik dari para seniman. Total hadiah untuk juara yaitu sebesar Rp. 65.000.000,-. Peserta atau masyarakat yang berminat bisa mengirimkan karyanya kepada LPMQ sejak diluncurkan secara resmi hingga batas waktu penerimaan karya tanggal 30 September 2021. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2021.

Terkait dengan informasi ketentuan karya, pendaftaran, pengiriman, dan hal teknis lainnya, selengkapnya, bisa dilihat di pedoman (juknis) lomba yang sudah disediakan dan dapat diunduh pada menu pengumuman di laman website ini. [Ibnu Athoillah]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved