Muchlis Hanafi: Memperkenalkan Ragam Bacaan Al-Qur’an Unsur Penting Penguatan Moderasi Beragama

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kementerian Agama RI., Dr. Muchlis M. Hanafi, MA menegaskan bahwa pengenalan ragam bacaan Al-Qur’an kepada masyarakat merupakan unsur penting dalam penguatan moderasi beragama.

“Memperkenalkan ragam bacaan (qiraat) Al-Qur’an kepada masyarakat Indonesia merupakan unsur penting dalam penguatan moderasi beragama,” Jelas Muchlis.

Pengenalan ragam qiraat, menurutnya, sama pentingnya dengan pengenalan ragam mazhab fikih yang sudah banyak dilakukan oleh pihak lain. Bahkan, lebih penting dari pada pengenalan ragam mazhab fikih.

Peredaran Mushaf Al-Qur’an dalam satu bacaan saja, yakni riwayat Hafs yang sangat luas dan dalam waktu yang cukup lama telah memunculkan kecenderungan untuk meyakini kebenaran tunggal terkait bacaan dan rasm (ejaan penulisan) Al-Qur’an.

Mengamini Muchlis, KH. Ahsin Sakho Muhammad, pakar Al-Qur’an lulusan Universitas Islam Madinah berharap, jangan sampai kita ‘tukaran’ gara-gara perbedaan bacaan Al-Qur’an.

Demikian, sebagian paparan yang disampaikan narasumber dalam acara fullday bertajuk ‘Penguatan Moderasi Beragama Melalui Medsos’ pada tanggal 21 Maret 2022 di Hotel Aston Simatupang, Jakarta untuk mereviu video tutorial cara membaca Mushaf Riwayat Qalun yang selesai disusun LPMQ pada tahun lalu. (Eserce)

Berita Terkait