PARTISIPASI BAYT AL-QUR’AN DAN MUSEUM ISTIQLAL (BQMI) PADA GEMA EXOTIKA BUDAYA NUSANTARA TAHUN 2022

 

TMII, Jakarta, 28 Oktober 2022. Tidak kurang dari 19 museum berdiri di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Ragam dan variasi jenis museum tersebut ditujukan untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar pengetahuan, kebudayaan, kehidupan sosial masyarakat, peradaban, teknologi, dan lain sebagainya.

Untuk mendukung kegiatan G20, TMII sebagai taman hiburan bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur mengadakan kegiatan Gema Exotika Budaya Nusantara Tahun 2022 pada tanggal 28 Oktober 2022 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Peserta kegiatan ini antara lain berasal dari pihak anjungan daerah, museum-museum, serta tempat rekreasi, informasi dan budaya TMII.

Sebagai bagian dari museum di TMII, Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Beberapa peserta dari BQMI memeriahkan kegiatan ini dengan bersama-sama mengelilingi Tugu Pancasila sambil membawa papan nama BQMI dan mengenakan pakaian adat. Peserta menyanyikan beberapa lagu kebangsaan dengan membentangkan kain jarik/batik. Adapun pihak anjungan daerah menampilkan pertunjukan berupa parade pakaian adat dan tarian dari masing-masing daerah.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di TMII kali ini mewujudkan persatuan dan kesatuan di NKRI. Perjuangan para pemuda berakhir dengan perolehan kemerdekaan bangsa. Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan selama ratusan tahun, dan pastinya merupakah hasil dari pengorbanan jiwa, raga, serta harta benda rakyat Indonesia. Semangat Sumpah Pemuda yang bergelora di hati masyarakat Indonesia adalah bukti besar atas rasa cinta para pemuda pada tanah air. Di antara rasa cinta tanah air itu pula terwujud dengan mencintai keragaman budaya, keyakinan, bahasa, dan suku bangsa di Indonesia.

Pelaksanaan Kegiatan Gema Exotika Budaya Nusantara Tahun 2022 ini diharapkan dapat mempererat kesatuan dan persatuan NKRI, yaitu dengan memperkenalkan berbagai explorasi budaya dari berbagai daerah di Indonesia. [Rafrianika]

 

Berita Terkait