Pengawas Pendidikan SLB Yogyakarta Minta LPMQ Terus Produksi Video Ajaran Islam untuk PDSRW

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) menggelar Seminar dan Uji Publik Video Pembelajaran Dasar Agama Islam untuk Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (PDSRW). Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa Islam Qothrunnada, Bantul, Yogyakarta.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Pegawas Sekolah Luar Biasa (SLB) Yogyakarta, pengurus Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), guru-guru pengajar SLB, dan santri SLB Islam Qothrunnada LPMQ menayangkan 149 video kosa isyarat Al-Qur'an, terdiri dari: 114 video nama-nama surah Al-Qur'an, 35 video istilah-istilah terkait Al-Qur'an dan 1 video tutorial salat bagi PDSRW sebagai bahan uji publik.

Menurut ibu Sarwiasih, video-video pembelajaran agama Islam yang diproduksi LPMQ sangat membantu dan memudahkan guru-guru SLB, yang selama ini menghadapi kesulitan, dalam mengajarkan agama Islam kepada anak didik mereka.

"Sebetulnya, saat ini kami ingin menangis. Sudah 31 tahun kami mengajar dan mendampingi anak-anak PDSRW. Selama ini kami merasa kesulitan mengajarkan Al-Qur'an dan pemahamannya kepada anak-anak. Dengan adanya video-video produk LPMQ kami merasa sangat terbantu. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih," ujar pengawas pendidikan SLB Yogyakarta mengawali sambutannya dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu (21/09) di Bantul, Yogyakarta.

Selanjutnya, Sarwiasih berharap LPMQ tidak berhenti memproduksi video untuk PDSRW, khususnya video-video tutorial praktek ibadah sehari-hari dalam agama Islam.

"Mohon dibuatkan video-video praktik dasar ajaran Islam sehari-hari, seperti: tutorial wudhu, bersuci, mandi besar, dan cara menutup aurat. Karena anak-anak PDSRW juga terpengaruh perkembangan fashion yang mereka lihat di media sosial. Semoga nantinya menjadi bekal mereka memahami ajaran Islam dan memperoleh keselamatan dunia akhirat," harap Sarwiasih menambahkan.

Sebelumnya, Abdul Aziz Sidqi, MA selaku Koordinator Bidang Pengkajian Al-Qur'an mengatakan Sejak 2020, LPMQ mulai memberikan layanan keagamaan bagi PDSRW, antara lain: menyusun buku pedoman membaca Al-Qur'an isyarat, menyusun Al-Qur’an dengan bahasa isyarat, video-video pembelajaran dasar agama Islam.

"Kami berharap produk-produk ini bermanfaat bagi teman-teman PDSRW; agar mereka secara bertahap bisa mempelajari Al-Qur'an dan memahami kandungannya. Adapun dalam prosesnya, LPMQ sebagai fasilitator melibatkan PDSRW, Guru-guru SLB, Komunitas PDSRW dan Juru Bahasa Isyarat (JBI)," jelas Aziz.

Adapun tujuan dari kegiatan ini, selain sebagai sarana sosialisasi awal produk, juga untuk mendapat masukan dan menyerap aspirasi secara langsung dari peserta kegiatan sebelum produk-produk tersebut dipublikasikan.

Setelah penayangan video ada banyak masukan yang disampaikan oleh peserta kegiatan khususnya terkait video tutorial salat bagi PDSRW. Mereka berharap LPMQ menyempurnakan video dengan menambah voice over; untuk PDSRW yang tidak tuli total, dan melengkapi tutorial salat 5 waktu. [bp]

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved