Peresmian Lembaga Pendidikan Al Qur'an Isyarat Nusa Tenggara Barat

Al-Qur’an merupakan kitab petunjuk yang harus dibaca dan diamalkan oleh umat Islam, tak terkecuali oleh kalangan difabel yang memiliki keterbatasan, termasuk Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (PDSRW). Untuk itulah Lembaga Pendidikan Al Qur'an Isyarat (LPQI) Nusa Tenggara Barat Diresmikan. Peresmian dilakukan langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyah, S.E, M.Sc di aula Masjid Hubbul Watan Islamic Centre, Mataram, Kamis 8 September 2022.

“Keterbatasan fisik tidak boleh menghalangi seseorang maju dan terlibat dalam pemerintahan. Di negara maju sudah biasa orang tunanetra dan kalangan difabel lainnya menjadi pejabat.  Karena itu, tidak boleh seorang anak di NTB yang punya keterbatasan untuk menjadi orang orang yang maju di NTB," jelas Gubernur NTB bersemangat.

Dengan dibuka secara resmi oleh Gubernur, maka LPQI NTB ini merupakan lembaga pendidikan Al-Qur'an isyarat untuk PDSRW pertama yang didukung dan difasilitasi oleh pemerintah daerah. TPQI adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an yang bergerak dalam bidang pembinaan dan pengajaran Al-Qur’an berbasis isyarat yang digunakan untuk megajarkan orang-orang yang mengalami hambatan pendengaran (Tuli). Penggunaan metode isyarat dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman kepada Al-Qur’an sekaligus merupakan akses bagi mereka untuk belajar.

Selain Gubernur, hadir pula pada acara ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, Dr. KH. Zaidi Abdad, Kepala Baznas, Koordinator Pentashihan LPMQ Kemenag RI, H. Deni Hudaeny, MA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB. Acara ini dihadiri oleh siswa siswi SLB di NTB dan peserta lainnya yang berkepentingan dengan pendidikan disabilitas di wilayah NTB.

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved