Prof. Waryono: Lomba Kaligrafi Batik Nasional Mengedukasikan Semangat Moderasi Beragama

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) kembali menyelenggarakan Lomba Kaligrafi Batik Nasional yang diluncurkan pada Kamis, 20 Oktober 2022. Ini merupakan penyelenggaraan kedua, setelah yang perdana dilaksanakan tahun sebelumnya.

Plt. Kepala LPMQ Prof. Waryono, dalam sambutannya saat membuka peluncuran lomba mengatakan, kaligrafi batik merupakan sintesis antara seni keagamaan dan seni budaya. Oleh karena itu, lomba ini mengandung pesan bahwa antara budaya dan keagamaan dapat selaras berjalan beriringan secara harmonis. “Perlombaan ini juga mengandung edukasi atau sosialisasi nilai-nilai moderasi beragama, yang mana salah satu indikator moderasi beragama adalah ramah terhadap budaya dan kearifan lokal,” tambah Waryono.

Lomba Kaligrafi Batik Nasional 2022 mengundang partisipasi peserta secara individu maupun tim. “Batik dan Kaligrafi adalah dua seni yang membutuhkan keahlian tingkat tinggi. Seorang khattat (penulis kaligrafi, red.) meskipun ahli belum tentu bisa membatik, demikian juga sebaliknya. Karena itu, peserta lomba ini dibolehkan bahkan dianjurkan untuk membuat karyanya secara kolaboratif. Pasti luar biasa jika khattat dan pembatik yang sama-sama ahli berkolaborasi membuat karya,” jelas Liza Mahzumah, Koordinator Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi LPMQ yang juga penanggung jawab lomba, saat menyampaikan laporan penyelenggaraan lomba kepada Plt. Kepala LPMQ.

Lomba Kaligrafi Batik Nasional 2022 terdiri dari beberapa tahapan. Pertama, tahap pengumpulan karya peserta dalam rentang waktu 20 Oktober – 24 November; kedua, proses penjurian yang dilakukan pada 28 November; dan terakhir, pengumuman pemenang lomba pada 29 November. Lomba ini akan mencari 9 pemenang dengan total nilai hadiah sebesar Rp. 51.000.000,00.  [bayumurti]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved