Juara III LKBN: Perpaduan Enam Unsur Motif Batik

Juara III Lomba Kaligrafi Batik Nasional 2021 yang dihelat oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kementerian Agama ini adalah karya Yunus Abidin. Karya ini merupakan garapannya dan dibantu oleh tiga orang yaitu Ardiyanto, Supriyatin, dan Nugie Maulana Saputra. Yunus Abidin adalah pria kelahiran Cirebon 1963 dan berprofesi sebagai guru SMA di Jamblang-Cirebon.

Dari konsep karya yang dikirimkan kepada panitia, terlihat jelas langkah-langkah yang Yunus lalui, mulai dari proses tulis motif, nglowongi, ngiseni, pencelupan, ngeblok, perataan warna, penirisan, pelorodan (perontokan malam), penjemuran hingga finishing. Semuanya ia dokumentasikan secara apik dalam bentuk foto.

Karya ini menggabungkan berbagai macam unsur motif baik lokal Cirebon, Jawa, Kalimantan bahkan Timur Tengah. Unsur-unsur motif tersebut yaitu: mega mendung (awan gelap/Cirebon) memiliki filosofi rezeki dari  langit yang diturunkan Tuhan; kantong semar (Palangkaraya), buah karamunting (Palangkaraya) yang memiliki filosofi rezeki yang tidak disangka dan niatan dibarengi doa dan usaha. Ketika sukses harus bersyukur dan ketika gagal harus bersabar.

Motif lainnya yaitu tameng (segi enam) memiliki filosofi perisai kehidupan (rukun iman) dan motif mata angin (segi delapan/Timur Tengah). Motif mata angin memiliki makna filosofis: sumber kehidupan (delapan unsur alam dan mata angin). Bisa juga bermakna unsur alam semesta raya: Surya (Matahari), Candra (Bulan), Kartika (Bintang), Gegana (Angkasa), Bayu (Angin), Agni (Api), Samudra (Lautan) dan Bantala (Bumi).

Motif selanjutnya yaitu Kali Wadas (sungai bercadas/Cirebon) yang bermakna bahwa rezeki di bumi yang senantiasa mengalir dengan melalui rintangan (batu cadas). klasa dawa (sajadah Panjang/Yogyakarta) memiliki makna filosofis selalu mensyukuri rezeki yang beragam atau rezeki yang selain berupa materi.

Semua unsur motif tersebut di atas beserta filosofinya, dikombinasikan dengan penggalan ayat Al-Qur’an Surah at-Talaq/65: 2-3. Ayat ini berisi tentang ketakwaan dan kemurahan rezeki. Semuanya menyatu dalam karya juara III ini. AHS

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved