LPMQ BERSAMA ESQ KEMANUSIAAN MEMBERIKAN PELATIHAN GURU AL-QUR'AN ISYARAT

LPMQ BERSAMA ESQ KEMANUSIAAN MEMBERIKAN PELATIHAN GURU AL-QUR'AN ISYARAT

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI bekerja sama dengan ESQ Kemanusiaan mengadakan pelatihan Mushaf Al-Qur'an Isyarat bagi guru SLB di Jakarta dan sekitarnya, Selasa, 2 April 2024 di Auditorium H. M. Rasjidi Kementerian Agama Jl. M.H. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat.

Pelatihan ini diikuti oleh 25 orang peserta dari 5 SLB, yakni: SLBN 01 Jakarta, SLBN 04 Jakarta, SLBN 12 Jakarta, SKh Negeri 01 Tangerang Selatan, dan SKh YKDW Kota Tangerang. Bertindak sebagai narasumber pada pelatihan ini:  Hj. Ida Zulfiya, M.Ag, Penyusun Mushaf Al-Qur'an Isyarat Indonesia dari LPMQ, dan Hj. Lea Sri Endari Irawan, Ketua Umum ESQ Kemanusiaan.

Dalam sambutannya, Bunda Lea (sapaan akrab Ketua ESQ Kemanusiaan) menyampaikan: "ESQ Kemanusiaan sebagai mitra LPMQ yang telah menjalin MoU sejak 2023 sangat mensuport program LPMQ, khususnya terkait Mushaf Al-Qur'an Isyarat bagi Sahabat Tuli. Hingga saat ini, ESQ telah memfasilitasi pelatihan Pengajar Al-Qur'an Isyarat kepada 250 orang peserta terdiri dari Sahabat Tuli dan guru SLB, membagikan Juz Amma Isyarat sejumlah 6000 eksemplar kepada Sahabat Tuli, dan buku Panduan Membaca Mushaf Al-Qur'an isyarat sejumlah 300 eksemplar. Ke depan ESQ akan terus berkolaborasi dengan LPMQ dan ATMI (Asosiasi Tuli Muslim Indonesia) dalam menunaikan amanah yang mulia ini."

Sementara, Ida Zulfiya mewakili pimpinan LPMQ, mengapresiasi setinggi-tingginya dan menghaturkan terima kasih kepada ESQ Kemanusiaan yang ikut berkontribusi dalam penyebaran Mushaf Al-Qur'an Isyarat, dan menyiapkan kader pengajar Al-Qur'an Isyarat.

"Ilmu yang didapat dari pelatihan ini jangan berhenti di peserta, harus diajarkan kepada masyarakat luas khususnya peserta didik di lembaganya masing-masing dan orang tuanya, agar siswa siswi SLB bisa belajar Al-Qur'an Isyarat di sekolah dan di rumah," jelas Ida Zulfiya.

Pada kesempatan pelatihan yang sangat singkat ini, selain mendapat materi inti tentang sejarah lahirnya Mushaf Al-Qur'an Isyarat Indonesia, Kaidah Mushaf Al-Qur'an Isyarat Metode Kitabah, dan Kaidah Mushaf Al-Qur'an Isyarat Metode Tilawah, seluruh peserta juga bergantian mempraktikkan isyarat Al-Qur'an di hadapan narasumber. Tujuan praktik ini,  jelas Ida Zulfiya, adalah untuk memastikan bahwa para pengajar ini sudah selayaknya mengajarkan Al-Qur'an isyarat yang benar sesuai  pedoman yang disusun oleh LPMQ.

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved