LPMQ Jalin Kerja Sama dengan Direktorat KSKK dalam Pengembangan Buku Referensi Interaksi Al-Qur’an dan Sains di Madrasah

LPMQ Jalin Kerja Sama dengan Direktorat KSKK dalam Pengembangan Buku Referensi Interaksi Al-Qur’an dan Sains di Madrasah

Dalam upaya menyingkap isyarat ilmiah dalam Al-Qur’an dan interaksi Al-Qur’an dan Sains, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) telah menerbitkan buku “Belajar Biologi Bersama Al-Qur’an”. Buku ini menghimpun materi biologi yang diajarkan di tingkat SMA kelas X-XII. H. Abdul Aziz Sidqi, MA, Kepala LPMQ berharap buku ini bisa didiseminasikan di seluruh madrasah di bawah Kementerian Agama. Untuk merealisasikannya, Kamis 16 November 2023 LPMQ melakukan audiensi  dan kerja sama dengan Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur KSKK, Muchammad Sidik Sisdiyanto, M. Pd, Dr. Abdul Basit, M.Ag, Kasubdit Kurikulum KSKK Madrasah, dan Dr. Abdul Munir, M.Ed, System and Policy Adviser INOVASI, Program Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia. Sedangkan dari LPMQ dihadiri oleh Kepala LPMQ, H. Abdul Aziz Sidqi, MA, Kasubag TU, H. Muhammad Musaddad MA, dan Ketum Tim Pengkajian, Dr. Reflita, MA.

Abdul Aziz Sidqi menyampaikan bahwa LPMQ sudah menyusun tafsir ilmi atau tafsir ayat kauniah sejak tahun 2005-2009 ketika menyempurnakan tafsir Al-Qur’an Kementerian Agama.  Lalu pada tahun 2009-2015 tafsir ayat kauniah ini disusun dengan metode tematik. Ada 19 judul buku yang sudah diterbitkan. Pada tahun 2021, LPMQ mulai menyusun buku tafsir ayat kauniah yang ditujukan untuk para guru dan siswa Madrasah/SMA/Pesantren.

Penyusunan buku ini merupakan bentuk interaksi Al-Qur’an dan Sains. Para siswa tidak hanya mempelajari sains, juga bisa mentadaburi ayat-ayat Allah di alam semesta untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Kedepannya buku ini dapat menjadi buku referensi dalam belajar biologi dengan sandaran Al-Qur’an.  Lebih lanjut, Aziz mengharapkan bisa bekerja sama dengan Direktorat KSKK, tidak hanya terkait sosialisasi tetapi juga pengembangan pada ilmu-ilmu lainnya.

Kerja sama ini disambut positif oleh Direktur KSKK. Muchammad Sidik Sisdiyanto mengemukakan, banyak produk atau karya serupa yang ditawarkan ke Direktorat KSKK. KSKK memilih bekerja sama dengan LPMQ karena sama-sama di bawah naungan Kementerian Agama. Beliau mengapresiasi terbitnya buku “Belajar Biologi Bersama Al-Qur’an”, apalagi buku ini sudah tersedia dalam bentuk digital dan bisa dimanfaatkan oleh disabilitas netra  dalam versi electronic publication (e-Pub).

Sebagai langkah awal, buku tersebut bisa diujicobakan di madrasah untuk melihat respon guru dan siswa serta keakuratan isi buku. Buku yang bagus menurut beliau harus dipublikasikan agar bernilai manfaat. Direktorat KSKK siap bekerja sama dengan LPMQ dalam pengembangan buku-bukus sejenis.

Dalam tataran praktis, buku Belajar Biologi Bersama Al-Qur’an tidak dijadikan sebagai bahan ajar tetapi sebagai buku referensi. Terkait pelajaran umum, Kemenag mengikuti kurikulum yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud, oleh karena tidak bisa menyusun kurikulum sendiri. Walau demikian, Direktorat KSKK bisa  mengarahkan Madrasah untuk memilih buku referensi tertentu. Untuk tahap awal buku ini bisa diujicobakan di Madrasah Insan Cendikia. Demikian paparan Dr. Abdul Basit, M.Ag, Kasubdit Kurikulum KSKK Madrasah. [Reflita]

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved