Diseminasi Yogyakarta, Kepala LPMQ Sampaikan 12 Produk Layanan untuk Penyandang Disabilitas

Diseminasi Yogyakarta, Kepala LPMQ Sampaikan 12 Produk Layanan untuk Penyandang Disabilitas

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ), Abdul Aziz Sidqi mensosialisasikan 12 macam produk layanan bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (PDSRW) dan Tunanetra. Layanan tersebut sebagai wujud komitmen LPMQ menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 pasal 14 ayat c tentang Hak Keagamaan penyandang disabilitas untuk memperoleh layanan kitab suci dan lektur keagamaan lainnya yang mudah diakses sesuai kebutuhan.

“Setidaknya sudah ada 12 jenis produk layanan LPMQ untuk penyandang disabilitas, baik PDSRW/sahabat Tuli dan Tuna Netra. Ada yang dalam bentuk cetak, ada juga yang sudah didigitalkan,” terang Aziz dalam kegiatan Diseminasi Hasil Kajian LPMQ dengan tajuk ‘Produk Layanan Al-Qur’an untuk Penyandang Disabilitas’, Selasa (30/01/2024) di Yogyakarta.

Disebutkan Aziz, sejak tahun 1974 Kementerian Agama sudah mulai memberikan layanan bagi tuna netra. Ketika itu, Kemenag menyelenggarakan Musyawarah Kerja Ulama Al-Qur’an selama 9 tahun, dari tahun 1974-1983. Salah satu produk yang dihasilkan adalah Mushaf Al-Quran Standar Braille untuk tuna netra.

“Melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 25 Tahun 1984, mushaf Al-Quran Braille 30 juz ditetapkan sebagai salah satu mushaf Al-Qur’an standar Indonesia. Pada tahun 2010 mushaf Braille disempurnakan sekaligus disusun terjemahan Al-Qur'an Kemenag versi Braille,” terang Aziz melanjutkan paparannya di hadapan 50 orang peserta kegiatan, terdiri perwakilan komunitas PDSRW, tunanetra, urusan Pusat Layanan Disabilitas UIN Jogja, Universitas Negeri Yogyakarta, Yayasan Kesejahteraan Tunanetra (Yaketunis), Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni), Ikatan Tunanetra Indonesia (ITMI), PLD UIN, Universitas Negeri Yogyakarta, SLBI Islam Qatrunnada, dll.

Layanan untuk tunanetra terus dilanjutkan. Pada tahun 2023, Kemenag, melalui LPMQ menerbitkan Iqra’na. Iqra’na adalah buku panduan praktis membaca Al-Qur'an Braille serupa denga metode belajar bagi orang awas, seperti, Iqra’, Qiraati, dan lainnya.

“Iqra’na hadir untuk memberikan alternatif  metode belajar membaca Al-Qur'an Braille untuk tunanetra. Karena selama ini setiap komunitas memiliki metode belajar masing-masing.

“Monggo silahkan dipakai. Boleh juga dicetak. Tidak ada hak ciptanya. Hak ciptanya milik Allah,” tambah Aziz disambut tawa peserta kegiatan.

Selain produk layanan untuk tunanetra, LPMQ juga memberikan layanan literasi keagamaan untuk Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (PDSRW).  Upaya ini dimulai sejak tahun 2020 dan hingga saat ini terus berlangsung.

“Meski layanan LPMQ untuk PDSRW agak terlambat, mulai tahun 2020 hingga tahun 2023 LPMQ telah menghasilkan beberapa produk layanan, seperti, Pedoman Membaca Al-Qur'an Isyarat, Al-Qur’an Isyarat 30 juz, Kamus Kosaisyarat Keislaman, dan lainnya,” terangnya.

Aziz menegaskan, Kemenag akan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk penyandang disabilitas. Oleh karenanya, dalam forum tersebut selain meminta dukungan kerjasama, Aziz juga berharap memperoleh masukan dari seluruh stakeholder untuk merealisasikan komitmen ini.

“Layanan ini akan terus kami tingkatkan. kami sangat senang bila bapak ibu menyampaikan  masukan atau usulan dalam rangka peningkatan layanan LPMQ,” pungkas Aziz.

Berikut ini produk-produk layanan LPMQ untuk penyandang disabilitas.

  1. Mushaf Al-Qur'an Braille 30 juz (tahun 1974-1983);
  2. Pedoman Membaca dan Menulis Al-Qur'an Braille; versi awas dan versi Braille, terbit pada tahun 2010;
  3. Terjemahan Al-Qur’an Braille 30 Juz, terbit tahun 2012;
  4. Panduan Membaca Al-Qur’an Braille atau disebut Iqra'na, (tahun 2023);
  5. Elektronik publication atau E-Pub (2007-sekarang);
  6. Video Tutorial Membaca Al-Qur’an Braille, tahun 2021-2022. Tayang di channel YouTube Lajnah Kemenag;

Layanan untuk PDSRW

  1. Mushaf Al-Qur’an Isyarat 30 Juz, terbit tahun 2022;
  2. Pedoman Membaca Mushaf Al-Qur'an Bagi PDSRW, terbit tahun 2022;
  3. Panduan Belajar Membaca Al-Qur’an Isyarat, terbit tahun 2023;
  4. Kamus Kosaisyarat Keislaman; Terbit pada tahun 2023;
  5. Video Tutorial Membaca Al-Qur’an Isyarat. Tayang di channel YouTube Lajnah Kemenag;
  6. Video Pembelajaran Dasar-dasar Agama Islam dalam Bahasa Isyarat, tahun 2022.

 

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved