Kanal Medsos LPMQ Raih Penghargaan Produksi Konten Terbaik

Kanal Medsos LPMQ Raih Penghargaan Produksi Konten Terbaik

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) menerima penghargaan sebagai lembaga di bawah Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama dengan kategori Produksi Konten Terbaik. Penghargaan itu sebagai wujud apresiasi dan penghargaan Balitbang dan Diklat atas kinerja LPMQ dalam memproduksi layanan informasi publik dengan konten-konten yang bermutu dan menarik melalui media sosial.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Balitbang dan Diklat, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag sesaat setelah membuka kegiatan Peningkatan Kompetensi Humas Balitbang dan Diklat, Kemenag, Kamis (01/02/2024) di Semarang. Penghargaan ini ditetapkan berdasarkan hasil penelusuran tim Humas Balitbang dan Diklat pada seluruh kanal media sosial yang dikelola lembaga-lembaga di bawah Balitbang. Penilaiannya dilakukan langsung oleh Kaban Suyitno.

“Alhamdulillah, atas arahan kepala LPMQ, konten-konten informasi di kanal medsos LPMQ dinilai sebagai Produksi Konten Terbaik. Ini adalah penghargaan pertama yang diterima LPMQ di bidang media sosial. Penghargaan ini menjadi penyemangat tim pengelola media sosial LPMQ dalam mengelola dan memproduksi konten-konten publikasi lebih baik lagi di masa-masa mendatang,” ungkap Bagus Purnomo, Pranata Humas LPMQ yang menerima langsung penghargaan.

Dalam arahannya, Kaban Suyitno mengatakan, di era teknologi informasi yang berkembang pesat seperti sekarang ini, media sosial menjadi sarana paling efektif untuk mempublikasikan informasi ataupun kinerja lembaga kepada masyarakat. Dalam kaitan ini, pranata Humas dituntut memiliki keterampilan dalam mengelola medsos, menyajikan berita, dan membuat konten-konten kreatif.

"Setiap unit harus memiliki media sosial, namun kita tidak boleh setengah-setengah dalam mengelolanya. Profiling yang baik akan membantu kita menyajikan berita kepada netizen dengan lebih tepat," tambahnya.

Lebih lanjut, Suyitno memberikan penekanan pada kualitas pemberitaan. "Berita yang ideal itu berita yang komplit 5W+1H. Kecepatan memberitakan sangat penting, tetapi kita juga harus memperhatikan kualitas,” paparnya.

Suyitno juga menekankan kreativitas dalam memilih sudut pandang atau "angle" dalam pemberitaan. "Humas harus kreatif dalam memilih angle. Glorifikasi dengan sisi yang positif agar pesan yang ingin disampaikan sampai dengan baik kepada publik," imbuhnya.

Dalam konteks ini, Suyitno mengajak para humas untuk menjadi content creator yang baik dan berdaya saing. "Belajar terus, jangan lelah berinovasi, dan tidak pernah puas dengan karya yang telah dihasilkan. Dunia pemberitaan penuh dengan tantangan kreativitas dan inovasi, serta mampu mengambil sudut pandang yang menarik," pungkasnya.

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved