Menikmati Keindahan Iluminasi Mushaf Istiqlal dengan Lambaian Tangan

Menikmati Keindahan Iluminasi Mushaf Istiqlal dengan Lambaian Tangan

Perkembangan teknologi saat ini sangat memungkinkan menampilkan lebih banyak koleksi di ruang pamer dalam bentuk digital seperti yang sudah tersedia di ruang pamer Bayt Al-Qur’an. Al-Qur’an Mushaf Istiqlal yang selama ini hanya hanya dipamerkan halaman Surah Al-Fatihah dan beberapa halaman, sekarang sudah bisa dinikmati secara keseluruhan melalui media interaktif yang disediakan.

Al-Qur’an Mushaf Istiqlal, Masterpiece Koleksi Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) yang memiliki 934 halaman terdiri dari 45 macam iluminasi (hiasan pinggir halaman Mushaf Al-Qur’an) sudah bisa dinikmati pengunjung hanya dengan melambaikan tangan di atas sensor pada media yang disediakan. Untuk membuka ke kanan, maka tangan kanan yang dilambaikan sedangkan untuk membuka ke kiri, maka tangan kiri yang dilambaikan.

Yang perlu diperhatikan oleh pengunjung untuk bisa menikmati ini adalah jarak telapak tangan pada sensor. Yaitu, jika tangan terlalu dekat, maka sensor tidak membaca lambaian begitu juga jika terlalu jauh. Jarak ideal adalah 20 cm di atas sensor dan tidak perlu buru-buru karena jika gerakan tangan terlalu cepat juga tidak terbaca gerakannya. Pengunjung sudah disediakan petunjuk untuk menikmati fasilitas ini. Media interaktif ini berada di lantai 1 ruang pamer Bayt Al-Qur’an zona 4 atau zona Mushaf Kontemporer.

Selain media untuk Al-Qur’an Mushaf Istiqlal, juga sudah disediakan media interaktif untuk melihat sebaran Manuskrip Mushaf Al-Qur’an kuno di Indonesia berdasarkan hasil penelitian Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an sejak tahun 2012.

Media ini terletak di zona 2 lantai 1 menuju ke lantai 2 di sebelah kanan, berdampingan dengan koleksi mushaf kuno di Indonesia yang dipamerkan. Pengunjung bisa memilih titik lokasi yang disediakan dan akan muncul foto dan deskripsinya.

Kedua media interaktif ini untuk mendukung pengembangan BQMI pada pemanfaatan teknologi digital dan memberikan banyak informasi kepada pengunjung. Jika penasaran, yuk berkunjung ke BQMI, cobain fasilitasnya, dan dapatkan informasinya. (Ath)

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved