Pentingnya Diseminasi dan Sosialisasi Untuk Membumikan Qur’an Isyarat Indonesia di Dunia

Pentingnya Diseminasi dan Sosialisasi Untuk Membumikan Qur’an Isyarat Indonesia di Dunia

16 November 2023. Prof. Arskal Salim, selaku Sekretaris Badan Litbang dan Diklat, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menginisiasi mahakarya, di mana tidak pernah terduga sebelumnya. “Kita tentu paham, dengan sabda Rasulullah, khairukum man ta’allamal quran wa ‘allamahu. Maka teman-teman LPMQ dan teman-teman Tuli telah masuk dalam kategori tersebut, jelasnya melalui sambungan Zoom.

Juz 1-15 sudah diselesaikan, dan juz 16-30 telah selesai ditashih. Ada beberapa hal yang belum sepmpurna seperti layout dan hal teknis lainnya, namun itu tidak mengganggu substansi Al-Qur’an Isyarat ini. “MQI adalah capaian yang tidak terpikirkan, dan Lajnah adalah lembaga yang selalu berkarya out of the box,” ujar Prof. Arskal bangga.

Semoga karya ini dapat memberikan kontribusi kepada bangsa, baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain. Langkah berikutnya, melakukan diseminasi dan sosialisasi ke penjuru Indonesia supaya Al-Qur’an ini dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya teman-teman Tuli di Nusantara.

Tidak lupa ke depannya juga akan ada penerjemahan dengan bahasa asing, agar Al-Qur’an Isyarat ini bisa disebarkan ke negara-negara lainnya. “Ke depannya kita perlu mulai meraba untuk menerjemahkan dalam bahasa asing. Kita lakukan untuk bangsa dan dunia, dan kami yakin LPMQ bisa melakukan dengan maksimal, jika nanti perihal bahasa asing itu hanya soal teknis yang dapat diselesaikan,” tambah Prof. Arskal.

Karya ini adalah karya yang dapat memberikan kontribusi tidak hanya kepada Bangsa Indonesia, namun juga kepada teman-teman yang membutuhkan di seluruh dunia. “Saya cukup terharu kepada teman-teman yang berjuang sampai saat ini, ada perasaan haru dan syukur dapat sampai di detik ini,” ujar Sekretaris Badan haru sebelum menutup kegiatan.

Pada akhir sambutan, Prof. Arskal berharap semoga Al-Qur’an Isyarat ini dapat memberikan dampak positif dan membawa berkah kepada seluruh alam semesta, khususnya teman-teman penyusun, baik yang dengar maupun yang Tuli. Acara ditutup dengan bacaan hamdalah dan diisyaratkan bersama dengan teman-teman Tuli. [mz]

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved