Teman-Teman Tuli Bersiaplah, LPMQ Akan Gelar Lomba Membaca Al-Qur'an Isyarat

 

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) akan menyelenggarakan lomba membaca Mushaf Al-Qur'an Isyarat (MQI) bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (PDSRW) atau kaum Tuli tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah se Jabodetabek. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala LPMQ, H. Abdul Aziz Sidqi, M.Ag dalam pembukaan Sidang Penyusunan Mushaf Al-Qur’an Isyarat, Kamis (16/02) di Jakarta Timur.

"Pada bulan Maret nanti LPMQ akan mengadakan aneka Lomba Qur'ani untuk pelajar setingkat Tsanawiyah dan Aliyah. Salah satu lombanya adalah membaca Al-Qur'an Isyarat untuk teman-teman Tuli," terang Aziz di hadapan 49 orang peserta kegiatan; diantaranya kaum Tuli dan Juru Bahasa Isyarat (JBI).

Dikatakan Aziz, perlombaan khusus kaum Tuli tersebut merupakan even pertama sejak MQI ditetapkan Menteri Agama sebagai Mushaf Standar Indonesia ke-4. Karenanya, ia berharap guru-guru Sekolah Luar Biasa (SLB), penggiat pendidikan kaum Tuli, dan seluruh komunitas-komunitas Tuli di Jabodetabek turut berpartisipasi mensukseskan perlombaan dengan mengirim peserta didiknya.

"Mohon nanti dibantu mengirimkan peserta lomba membaca Al-Qur'an Isyarat, agar acara ini semarak dan sukses," pinta Aziz.

Aziz melanjutkan, perlombaan tersebut sekaligus sebagai bagian dari upaya LPMQ dalam mensosialisasikan MQI di masyarakat. Dan yang tidak kalah penting, agar kaum Tuli

semakin giat mempelajari kitab suci Al-Qur'an. "Lomba ini sekaligus kami jadikan sarana sosialisasi MQI di tengah masyarakat. Juga, agar teman-teman Tuli tambah semangat mengaji," imbuh Aziz menjelaskan.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana kegiatan Penyusunan Mushaf Al-Qur’an Isyarat bagi PDSRW, H. Deni Hudaeny, Lc., MA dalam laporannya menyampaikan, agenda sidang perdana tahun 2023 adalah mentashih naskah master Al-Qur'an Isyarat sebelum naik cetak. Naskah yang dimaksud antara lain, MQI Metode Tilawah, MQI Metode Kitbah juz 1- 3.

"Selain MQI dengan dua varian metodenya, dalam kegiatan ini kita juga akan mentashih database MQI metode Tilawah juz 1-3," urai Deni menyampaikan tugas yang akan diselesaikan dalam sidang.[bp]

Editor: Mustopa

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved