BQMI Goes to School, Menumbuhkan Kecintaan Kepada Al-Qur'an di Perguruan Islam Al-Fajar Bekasi

Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) mengenalkan khazanah Al-Qur’an melalui program BQMI Goes to School selama 2 hari (Senin-Selasa, 12-13/9/2022) di Perguruan Islam Al-Fajar Jatiasih, Bekasi. Dalam kegiatan ini dipamerkan 16 koleksi museum untuk menambah wawasan seluruh peserta yang hadir.

Liza Mahzumah, Koordinador Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi, dalam sambutannya mengatakan sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan BQMI Goes to School di Jakarta dan Bogor. Kegiatan ini adalah program pengenalan koleksi BQMI dan pemahaman khazanah Al-Qur’an yang menjadi storyline utama di BQMI. “Nanti bisa dilihat beberapa koleksi museum yang dibawa, aneka ragam Mushaf Al-Qur’an dengan iluminasi yang indah, Mushaf Braille untuk tunanetra,” jelasnya.

Tujuan program BQMI Goes to School ini adalah bagian dari misi BQMI dalam rangka mengenalkan khazanah Al-Qur’an kepada masyarakat dan meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an. “Tujuan kegiatan ini di antaranya adalah untuk mengenalkan khazanah Al-Qur’an dan sejarah peradaban Islam di Indonesia, menumbuhkan rasa cinta kepada Al-Qur’an, dan menumbuhkan rasa cinta kepada museum melalui sejarahnya,” ucap Liza.

Ia berharap kerja sama antara BQMI dan Perguruan Islam Al-Fajar akan berlanjut pada program lainnya yang bermanfaat untuk siswa-siswi di waktu mendatang. “Harapan kami, kerja sama ini akan berlanjut terus menerus bukan hanya kegiatan ini tetapi kegiatan lainnya yang bermanfaat,” tutupnya.

Kepala Bagian Kurikulum Perguruan Islam Al-Fajar Jatiasih Bekasi, Ernawati, menyatakan sangat senang dengan kegiatan ini. Mengingat Perguruan Islam Al-Fajar adalah lembaga pendidikan umum yang secara materi dan kurikulum dimasukkan kewajiban menghafal Al-Qur’an dari TK sampai SMA. “Alhamdulillah, kami senang sekali dengan kegiatan ini, mudah-mudahan menjadi inspirasi untuk anak-anak semuanya,” tuturnya.

Ia mengajak anak-anak untuk melihat koleksi pameran di teras Masjid Siti Rawani yang berada di lingkungan perguruan dan mejadi lokasi BQMI Goes to School. Dengan melihat koleksi yang dipamerkan, ia berharap siswa-siswi, pegawai, dan dewan guru di lingkungan Perguruan Islam Al-Fajar mendapatkan wawasan baru tentang khazanah Al-Qur’an.

Kegiatan BQMI Goes to School di Perguruan Islam Al-Fajar Jatiasih ini dilakukan secara bergiliran dari TK, SD, SMP sampai SMA. Selain itu, peserta juga mengikuti seminar edukasi khazanah Al-Qur’an yang diselenggarakan BQMI, baik materi tentang sejarah perkembangan Mushaf Al-Qur’an, tips menghafal Al-Qur’an, serta menebali tulisan Al-Qur’an. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Siti Rawani yang berada di lingkungan Perguruan Islam Al-Fajar Jatiasih. Segenap dewan guru dan tenaga pendidikan di lingkungan Perguruan Islam Al-Fajar pun turut mengikuti kegiatan edukasi dan banyak mendapaptkan wawasan keal-Qur'anan. [Atho]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved