Do’a, Cita, dan Harapan untuk BQMI ke Depan

Rangkaian kegiatan peringatan Milad BQMI telah terlaksana dengan lancar, baik yang dilaksanakan secara offline maupun online. Telah dilaksanakan 4 kali #giveaway di Instagram BQMI TMII, sima’an Al-Qur’an 30 juz dilengkapi dengan do’a khatmul Qur’an, dan pada puncaknya adalah diskusi dengan stakeholder dan komunitas untuk menjalin kerja sama dengan BQMI.

Diantara rangkaian kegiatan yang sudah berjalan, pada puncak kegiatan Milad ke 25 BQMI, Rabu, 20 April 2022, ada do’a dan harapan terucap untuk BQMI di waktu mendatang. Diantara do’a tersebut, adalah sebagai berikut:

Dalam laporannya, Koordinator Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi, Liza Mahzumah, berdo’a dengan berharap berkah Al-Qur’an dan bulan Ramadlan dapat istiqamah melayani masyarakat. “Hari ini adalah bertepatan di bulan suci Ramadlan, bulan diturunkannya Al-Qur’an. Sehingga kami pada peringatan milad ini berharap dapat menjaga semangat berkhidmat untuk Al-Qur’an, dan dengan berkah Al-Qur’an BQMI dapat istiqamah melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” ucapnya.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ), Muchlis M. Hanafi, dalam sambutannya banyak menyebut cita, asa dan do’a untuk BQMI dalam waktu dekat hingga do’a untuk selamanya. Ia menyatakan harapannya BQMI semakin ramah terhadap semua komunitas, dan menjadi pusat kegiatannya. Selain itu, konsep Taman Mini ke depan menjadi seperti mal buka 24 jam, maka BQMI juga bisa membuat kegiatan di waktu malam atau subuh.

“Mudah-mudahan kita bisa lebih kreatif membuat kegiatan. Inilah tantangan kita ke depan. Sebagai ungkapan rasa syukur kita perjalanan 25 tahun ini, kita berharap mudah-mudahan ini menjadi titik tolak yang baru untuk melangkah secara lebih cepat ke depannya. Mudah-mudahan di 25 tahun ke 2 bisa terjadi perubahan yang kita harapkan cukup signifikan,” ucap Muchlis M. Hanafi.

M. Kh. Rachman Ridhatullah, Board of Director SYAAMIL GROUP, yang hadir sebagai narasumber pada FGD juga berharap BQMI bisa menerapkan ilmu yang sudah disampaikan pada FGD, yakni membangun sinergi dan mengembangkan sinergitas antara BQMI dengan stakeholder serta komunitas.

“Dibangunnya sinergi dengan berbagai pihak diharapkan terbentuk suatu jalinan yang baik untuk semua. BQMI saat ini masuk usia 25, kalau dalam ukuran manusia saat ini adalah masuk usia milenial. Ciri utama generasi ini adalah semuanya serba digital. Generasi milenial saat ini sudah mulai masuk di berbagai sektor. Mereka harus dimengerti kebutuhannya. Maka pengembangan apa pun perlu mempertimbangkan kemudahan untuk diakses dari internet," kata pria yang akrab disapa Rahman.

Ketua Asosiasi Museum Indonesia Kawasan (AMIKA) TMII, Rian Timadar, banyak menyampaikan harapan untuk BQMI yang menurutnya sangat berpeluang untuk semakin berkembang terus menjadi lebih baik.

“Dirgahayu Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal, semoga museumnya semakin maju, program publiknya semakin menarik dan inovatif, serta menjadi museum yang inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat. Saya sangat menunggu program pameran temporer yang sangat relevan dengan isu-isu di masayarakat, khususnya umat Islam,” katanya usai mengikuti acara diskusi. [Atho]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved