Isep Misbah: Kami Berharap LPMQ Menjadi Pengawal Seniman Mushaf Al-Qur’an

 

Seni Iluminasi Mushaf Al-Qur’an diprediksi akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan zamannya. Hal ini bisa dilihat dari karya peserta Lomba Nasional Iluminasi Mushaf Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Isep Misbah, MA, sang penulis Mushaf Al-Qur’an yang turut serta menjadi salah satu juri lomba menuturkan kegembiraannya ketika diberikan amanah untuk menilai karya peserta lomba. Menurutnya, lomba ini di luar ekspektasinya di tengah masa pandemi virus Covid-19.

“Saya kira ‘ghirah’nya agak sedikit berkurang, rupanya tidak. Jumlah 146 (peserta) ini sangat luar biasa. Bahwa ini sangat patut kita syukuri sebagai aset terbesar bangsa Indonesia, khususnya karena secara perlahan dan pasti hiasan mushaf atau iluminasi itu akan terus berkembang tentu dengan aset kekayaan di Indonesia yang sangat kaya raya dan menjadi modal utama,” katanya, Selasa (10/10/2020).

Dengan diselenggarakannya lomba ini, ia yakin karya peserta akan meningkat kualitasnya hingga tercapai apa yang diinginkan. Dalam hal ini secara garis besar karya-karya memang sangat kreatif sangat kaya. “Dari masing-masing peserta mengeluarkan kearifan lokal, kekayaan ornamen floral dari daerah masing-masing. Dan bahkan tidak hanya satu saja, tetapi dikombinasi dengan yang lain misalnya bagaimana yang Melayu dikombinasi dengan Papua atau ada lampungnya nya yang menjadi kekayaan (karya) itu sendiri,” jelasnya.

Menurutnya, di era globalisasi ini memang para khattat atau aktivis iluminasi Mushaf Al-Qur’an ditantang. Artinya mereka dituntut untuk mampu tidak hanya memainkan ornamen dengan olahan hand made (buatan tangan atau manual), tetapi juga dituntut untuk mampu mengolah secara digital. “Setiap individu perlu ditingkatkan kemampuan penguasaan teknologinya sehingga bisa menjawab tuntutan zaman. Di sisi lain yang perlu saya sampaikan yaitu penguatan dari wawasan tentang ragam ornamen hias juga harus dibuka,” pesannya.

Selain itu, ia juga berharap kepada LPMQ untuk kegiatan lomba seperti yang diselenggarakan tahun ini terus diadakan di tahun mendatang agar menjadi arah para seniman Mushaf Al-Qur’an. “Kedepannya kita berharap dari LPMQ terus mengawal dan mendampingi kawan-kawan yang mendalami seni mushaf secara otodidak ini agar mereka betul-betul terarah layaknya mereka yang di sisi akademis,” tutupnya. (Athok)

 

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved