Menebali Mushaf Istiqlal Bersama Siswa Perguruan Mathla’ul Anwar Kepuh Serang

Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) bekerja sama dengan Perguruan Mathla’ul Anwar Kepuh, Bantarwaru, Cinangka, Serang menggelar kegiatan Menebali Mushaf Istiqlal. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara Ihtifal dan Milad ke 104 Perguruan Mathla’ul Anwar Kepuh yang diselenggarakan pada tanggal 17-18 Juni 2022.

Zaenal Arifin, salah satu guru di Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Kepuh, selaku pemimpin kegiatan edukasi keal-Qur’anan yang diselenggarakan BQMI menjelaskan bahwa kegiatan ‘Menebali Mushaf Istiqlal’ ini merupakan kegiatan baru yang belum pernah ada sebelumnya di MA Mathla’ul Anwar Kepuh.

“Pertama, kita ingin melanjutkan tradisi para ulama terdahulu untuk menulis Mushaf Al-Qur’an. Kedua, kita ingin membuat sebuah peninggalan untuk generasi berikutnya, yaitu sebuah mushaf yang ditulis dengan tangan kita sendiri. Barangkali nanti anak cucu kita ketika melihat mushaf ini mengenali nama kita, ‘oh, ini tulisannya Aki Asep’, dan sebagainya,” tutur Zaenal disambut tawa para peserta.

Kegiatan menebali Mushaf Al-Qur’an ini juga pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Serang sehingga menambah semangat peserta untuk mengikutinya. Setidaknya, mereka yang turut menebali sekaligus menulis Mushaf Al-Qur’an ini termasuk yang mengawali tradisi yang baik ini.

“Ini adalah yang pertama kali di Serang. Jadi kita termasuk yang pertama. Nanti setelah selesai semua halaman, akan dijilid dan kemudian disimpan di Mathla’ul Anwar Kepuh agar bisa dilihat dan dibaca generasi berikutnya. Silahkan seluruh siswa, alumni, orang tua, guru, dan masyarakat sekitar yang ingin mengikuti ini kami persilakan. Semakin banyak orang semakin baik,” jelasnya.

Zaenal berpesan agar dalam menebali dan menulis mushaf ini diperhatikan kelengkapan keseluruhannya, baik huruf, tanda titik, harakat, maupun tanda waqafnya sehingga tidak terdapat kekurangan dalam penulisan.

Semangat terlihat dari raut wajah peserta yang sudah tidak sabar untuk menebali dan menuliskannya. Zaenal juga berpesan untuk tidak terburu-buru menyelesaikan karena kegiatan ini bukan lomba, melainkan membuat sejarah.

“Kegiatan ini bukan lomba, jadi tidak harus cepat selesai. Yang penting adalah hasil yang bagus dan lengkap sempurna. Jika ada yang ingin menebali lebih dari 1 halaman dipersilakan untuk mengambil lagi. Semoga kegiatan ini menambah keberkahan dari rangkaian kegiatan kita tahun ini, serta menambah keberkahan hidup kita serta keluarga kita,” tutup Zaenal seraya mempersilakan seluruh peserta memulai penulisan.

Kegiatan penulisan ini dilaksanakan di sela-sela pameran BQMI dan Ihtifal dan Milad ke 104 Mathla’ul Anwar selama 2 hari, 17-18 Juni 2022. Kegiatan menebali ini diikuti oleh seluruh elemen di lingkungan Perguruan Mathla’ul Anwar Kepuh, dari siswa, guru, orang tua, alumni, serta masyarakat sekitar. (Ath)

Berita Terkait