Pelaksanan Test Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama di LPMQ

Jakarta (LPMQ/27-12-2022) – Pada hari Selasa tanggal 27 Desember pelaksanaan test Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama dilaksanakan serentak. Sekira 1600 titik lokasi yang sudah ditentukan mulai dari unit eselon 1 pusat, kanwil Aceh hingga Papua. LPMQ menjadi salah satu titik lokasi pelaksanaan test Indeks Profesianilisme dan Moderasi Beragama pada unit eselon 1 Badan Litbang dan Diklat.

Pelaksanaan test ini dibagi menjadi 4 sesi dengan durasi 90 menit per sesi. Peserta yang terdaftar pada titik lokasi LPMQ sebanyak 115. Kapasitas ruang yang digunakan bisa menampung 100 orang tetapi sesuai dengan ketentuan panitia pusat membagi dalam per sesi 50 peserta.

Sebelum pelaksanaan test dimulai, Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada LPMQ Muhammad Musadad, S.Th.I memberikan kata sambutan dan menyampaikan tata tertib peserta ujian. Kegiatan ini sendiri langsung dipandu secara daring oleh panitia pusat.

Acara dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nurudin, dalam laporannya disampaikan bahwa pelaksanaan IPMB berbasis CAT ini sebagai upaya penyediaan data ASN secara komprehensif dalam pemetaan kebijakan nasional dan upaya mewujudkan transformasi ASN Kemenag untuk memperkuat implementasi moderasi beragama.

“Para ASN Kemenag harus melayani umat dengan sikap profesional dan pelayanan yang prima. Kemenag harus menjadi motor penggerak implementasi moderasi beragama,” kata Nurudin.

Lanjut Nurudin, sikap dan perilaku profesional yang ditunjukkan melalui kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan kedisplinan serta budaya kerja dan budaya organisasi menjadi keharusan dalam membangun ASN Kemenag.

Kegiatan test IPMB ini diikuti oleh 231 ribuan ASN Kemenag yang tersebar di 116.000 titik lokasi dan masuk catatan rekor MURI sebagai pelaksanaan CAT pertama dan terbesar yang dilakukan oleh pemerintah. (agus n)

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved