PERPUSTAKAAN LPMQ TERUNGGUL

Hasil mengikuti usaha. Demikian kata bijak yang menggambarkan prestasi Perpustakaan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an dalam penilaian tata kelola perpustakaan di lingkungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Sebuah apresiasi yang memang layak didapat oleh perpustakaan LPMQ, setelah seluruh tim dan pimpinan berkomitmen dan berjuang tahapan demi tahapan untuk mewujudkan perpustakaan modern yang berdaya guna bagi masyarakat dengan manajemen profesional.

Dari 19 perpustakaan yang dikelola oleh setiap UPT, Perpustakaan LPMQ meraih nilai terunggul dengan skor 93,83 berdasarkan instrumen penilaian yang telah diisi oleh masing-masing UPT pada Badan Litbang dan Diklat. Instrumen penilaian sebagaimana dimaksud mengacu pada Standar Nasional Perpustakaan Khusus dari Perpustakaan Nasional dan Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Instrumen Akreditasi Perpustakaan Khusus.

Dari semua komponen yang dinilai, Perpustakaan LPMQ mendapat skor teratas. Adapun komponen yg dinilai meliputi: 1) Koleksi, 2) Sarana Prasarana, 3) Pelayanan Perpustakaan, 4) Tenaga Perpustakaan, 5) Penyelenggaraan dan Pengelolaan, 6) Komponen Penguat.

Sebagai informasi bahwa salah satu perjanjian kinerja (PERKIN) Kepala Balai dan LPMQ untuk nilai pengelolaan perpustakaan tahun 2021 adalah 70. Badan Litbang dan Diklat akan merekomendasikan Perpustakaan yang memiliki nilai di atas 70 untuk mendaftar dan mengikuti akreditasi perpustakaan oleh Perpustakaan Nasional serta menyiapkan bukti-bukti fisik sesuai kebutuhan.

Ayo, kita berikan dukungan dan doa, semoga perpustakaan LPMQ semakin lebih baik dan memperoleh nilai maksimal pada akriditasi perpustakaan pada tingkat nasional dengan izin Allah. [Zarkasi]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved