Pesan Kaban Suyitno Kepada ASN Balitbang: Teladani Manajemen Kerja Ikhlas Kiyai-Kiyai NU

Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), ikutilah teladan yang telah dicontohkan kiyai-kiyai Nahdlatul Ulama (NU) dalam beramal. “Dunia kiyai memang sulit dinalar secara ilmiah. Tetapi, buah amal mereka bisa dirasakan umat hingga hari ini. Mereka beramal dengan manajemen ikhlas. ASN silahkan meniru,” ujar Kepala Balitbang Diklat Prof. Suyitno mengawali arahannya dalam kegiatan Evaluasi Kinerja Fungsional, Selasa (7/2/2023) di Surabaya.

Dikatakan Kaban Suyitno, manajemen keikhlasan para ulama dalam beramal melahirkan keberkahan. Amal yang berkah ditandai dengan besarnya manfaat yang dirasakan orang lain.

“Sebagai ASN, tidak perlu berpikir akan dipromosikan menjadi apa oleh pimpinan, yang penting bekerjalah sebaik-baiknya dengan ikhlas. Dalam keikhlasan ada unsur teistik (ketuhanan) yang menjadi magnet. Saya percaya itu,” ungkap Kaban dengan penuh keyakinan.

Kaban juga mengingatkan, selain bekerja dengan baik dan ikhlas, sebagi ASN juga harus menjaga hubungan baik dengan siapapun; dengan pimpinan, dengan rekan kerja, dan semua pegawai yang terlibat dalam pekerjaan kantor.

Terkait Karya Tulis Ilmiah (KTI) Kaban berharap output dari kegiatan ini adalah tulisan ilmiah yang minimal bisa diterima di jurnal-jurnal bereputasi. “Semoga para peserta dapat menghasilkan tulisan yang bisa dimuat di jurnal bereputasi. Paling tidak Sinta 4. Ini menunjukkan prahum dan perencana Balitbang Diklat mempunyai talent yang baik serta bermanfaat bagi instansi,” tutup Kaban. [bp]

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved