Bersiaplah! LPMQ akan Selenggarakan Lomba Tartil Al-Qur’an

Lajnah Pentashihan Mushaf AL-Qur’an (LPMQ) akan menyelenggarakan Lomba Tartil Al-Qur’an dalam waktu dekat. Lomba akan diselenggarakan berbasis online untuk menghindari kerumunan massa mengingat saat ini masih masa pandemi.

Lomba Tartil Al-Qur’an tahun ini diselenggarakan untuk tingkat nasional dengan kategori tingkat pendidikan:

  1. MI/SD/sederajat,
  2. MTs/SMP/Sederajat, dan
  3. MA/SMA/Sederajat.

Pemilihan kategori ini merujuk pada penyelenggaraan lomba sejenis yang sudah diselenggarakan LPMQ sejak tahun 2012.

Penyelenggaraan lomba tartil Al-Qur’an ini menjadi pilihan utama LPMQ karena secara tugas dan fungsi LPMQ semuanya berkaitan dengan Al-Qur’an, yaitu pentashihan master Mushaf Al-Qur’an, pengawasan peredaran Mushaf Al-Qur’an, pengkajian Al-Qur’an, serta pengelolaan Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi.

Menurut Sub Kordinator Seksi Dokumentasi dan Kepustakaan, Nur Mustajabah, yang juga menjadi koordinator pelaksanaan lomba, tujuan diselenggarakannya lomba ini antara lain agar pemahaman keal-Qur’anan dan kecintaan terhadap Al-Qur’an masyarakat semakin meningkat.

“Tujuan lomba ini antara lain untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur'an, melestarikan seni dan budaya Qur'ani bangsa Indonesia, dan memperkaya koleksi Bayt Al Qur'an dan Museum Istiqlal (BQMI),” tuturnya.

Lomba ini akan diselenggarakan dalam waktu dekat dengan total hadiah Rp. 48.000.000. Adapun Petunjuk Teknis (juknis) atau Pedoman Lomba sedang disiapkan dan akan dipublikasi ketika lomba diluncurkan. Oleh karena itu, bagi masyarakat Indonesia yang ingin ikut lomba atau memiliki keluarga yang sesuai kategori tersebut, bersiaplah dan ikuti terus informasi lomba ini.

Informasi perlombaan bisa dipantau di website LPMQ (lajnah.kemenag.go.id), website BQMI (bqmi.kemenag..go.id), website perpustakaanlajnah.kemenag.go.id, atau di media sosial resmi LPMQ, instagram (LPMQ kemenag RI dan BQMI TMII) twitter, dan facebook (@lpmqkemenag dan @bqmitmii).

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved