BQMI Goes to School Bantu Sekolah Pahami Moderasi Beragama

Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal (BQMI) berkunjung ke sekolah untuk memberikan edukasi tentang museum dan koleksinya. Program ini dilaksanakan mengingat sejak pandemi Covid 19 seluruh museum harus tutup dan dilanjutkan dengan penutupan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang melakukan renovasi persiapan gelaran G20 di Indonesia.

BQMI berkunjung ke Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 30 Jakarta yang beralamat di Jalan Anggrek No.4, Rawabadak Utara, Kec. Koja, Kota Jakarta Utara, dengan membawa sejumlah koleksi museum, Kamis (25/8/2022).

"Kedatangan kita ini dalam rangka program edukasi siswa-siswi sekolah tentang museum dan koleksinya. Karena museum yang harus tutup selama pandemi, maka sekarang kami yang datang sekolah," kata Adimas Bayumurti selaku Koordinator BQMI Goes to School di SMPN 30 Jakarta.

Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah moderasi beragama, baik secara materi maupun koleksi. Pada materi paparannya, ia menjelaskan tentang moderasi beragama melalui tur virtual area museum khususnya bagian Galeri Harmoni yang menampilkan sejarah agama-agama di Indonesia.

"Koleksi yang kita bawa antara lain Naskah Hikayat Nabi Muhammad beraksara Jawa, Mushaf La Lino dari NTB, Mushaf Istanbul dari Turki, dan Cupak Haji dari Palembang. Kesemuanya ada sisi moderasi beragamanya. Yang moderat cara beragamanya bukan agamanya," tutur kurator BQMI.

Mulyana, salah satu Guru pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMPN 30 Jakarta menyatakan perasaan senangnya dikunjungi oleh museum karena selama ini sekolah di Jakarta kesulitan untuk melakukan kunjungan ke museum. "Selama ini kami kesulitan dengan regulasi yang ada dan tidak memungkinkan untuk berkunjung ke museum-museum yang ada di Jakarta. Kami sangat senang dengan adanya museum yang berkunjung langsung ke sini," ucapnya saat ditanya di sela-sela pelaksanaan kegiatan. Ia pun berharap tidak hanya BQMI yang datang ke sekolahnya, tetapi museum-museum lain yang ada di Jakarta juga datang ke sekolahnya.

Sebagai informasi, kegiatan BQMI Goes to School tersebut dilaksanakan di aula SMPN 30 Jakarta. Agenda yang dilaksanakan antara lain paparan pengenalan BQMI, storyline BQMI, tur virtual Galeri Harmoni, dan paparan moderasi beragama. Selain materi, siswa-siswi di sekolah juga bisa melihat koleksi yang dibawa dan bisa bertanya kepada tim pemandu yang mejelaskan tentang koleksi tersebut. [Atho]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved