BQMI Kerja Sama dengan Perpusnas RI Untuk Perawatan Manuskrip

Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) bekerja sama dengan Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI untuk perawatan dan pelestarian naskah kuno. Kerja sama tersebut dilakukan dalam bentuk konservasi fisik dan digitalisasi. Untuk melaksanakannya pertemuan perdana dilakukan sekaligus melihat langsung koleksi di BQMI, Rabu (23/2/2022).

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ), Muchlis Muhammad Hanafi yang hadir melalui zoom menyambut baik rencana kerja sama untuk perawatan koleksi naskah kuno. Dengan kerja sama ini ia berharap naskah kuno yang menjadi koleksi BQMI akan lebih terawat secara fisik dan digitalnya. “Kami selaku Kepala LPMQ mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan bantuan dalam hal pelestarian naskah kuno koleksi BQMI,” tuturnya.

Koordinator Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi, Liza Mahzumah yang memimpin pertemuan melaporkan bahwa BQMI memiliki koleksi naskah kuno lebih dari 150. Naskah-naskah tersebut ada yang dipamerkan di museum ada juga yang disimpan.

“Di Bayt Al-Qur’an itu ditampilkan Mushaf Al-Qur’an dengan berbagai macam, sedangkan di Museum Istiqlal dipamerkan naskah-naskah selain Al-Qur’an. Nah, naskah ini baru sebagian yang sudah didigitalisasi ataupun dikonservasi,” tuturnya.

Plt. Kepala Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan, Mulatsih Susilorini, menyampaikan bahwa tahun ini akan membantu 8 lembaga yang memiliki naskah kuno untuk melestarikannya, salah satunya BQMI. Bantuan tersebut berupa konservasi fisik dan digitalisasi.

“Untuk konservasi fisik, kami baru bisa memfasilitasi pembuatan kotak sarana penyimpanan naskah. Nanti kami akan mengadakan pengukuran terhadap naskah, (sedangkan) pengerjaan kotaknya dilaksanakan di Perpusnas,” tuturnya.

Untuk digitalisasi, akan dilaksanakan proses foto dengan kamera khusus untuk mendapatkan hasil terbaik dari naskah, sehingga hasil digitalnya bisa terbaca dengan baik. Hasil digitalisasi direncakan untuk diunggah di laman khastara.perpusnas.go.id sehingga bisa diakses masyarakat luas.

“Kita ingin membantu, kita juga mau transfer ilmu, sekaligus menghibahkan peralatan alih media (jika sudah tersedia). Mohon izin nanti hasil digitalisasi kita unggah di Khastara supaya dapat dinikmati oleh masyarakat seluruh dunia,” jelasnya.

Setelah dilaksanakan pertemuan, Plt. Kepala Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan, Mulatsih Susilorini, bersama rombongannya terdiri dari tim ahli alih media dan konservasi naskah melakukan survey terhadap naskah-naskah koleksi BQMI didampingi Koordinator Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi, Subkoordinator Dokumentasi dan Kepustakaan, dan jajaran staf di bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi. Langkah ini merupakan standar pelaksanaan konservasi untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya. [Atho]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved