BQMI Terima Hibah Mushaf Al-Qur'an Tulisan Tangan Santri

BQMI Terima Hibah Mushaf Al-Qur'an Tulisan Tangan Santri

Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal (BQMI) menerima hibah salinan Mushaf Al-Qur'an tulis tangan dari Pondok Pesantren Taruna Insani Sasak Panjang, Tajur Halang, Kab. Bogor, Rabu (22 November 2023).

Mushaf yang dihibahkan oleh pondok pesantren tersebut merupakan salinan dari naskah asli tulisan tangan yang ditulis oleh Halimatus Sa'diyah, salah satu santri SMAIT Taruna Insani Modern Islamic Boarding School Bogor. Mushaf tersebut lengkap 30 juz yang ditulis kurang lebih 2 tahun 8 bulan selama di pesantren.

Hikmah Abdurrahman, Mudir PP Taruna Insani, yang mewakili menyerahkan mushaf tersebut menyampaikan bahwa niat untuk hibah tersebut merupakan bagian dari program pesantren agar karya dari santri ada yang bisa menambah khazanah koleksi BQMI.

"Kami serahkan salah satu mushaf ini ke Bayt Al-Qur'an untuk mungkin bisa menjadi salah satu bagian dari koleksi. Aslinya disimpan mereka (penulis) salinannya kami simpan di Pesantren atau kami hibahkan ke lembaga lain," kata Mudir.

Adimas Bayumurti, pegawai pengelola BQMI mengatakan bahwa program tersebut relevan dengan tradisi menulis Al-Qur'an yang merupakan bagian dari story line BQMI. Ia juga menyampaikan bahwa mushaf yang sudah dihibahkan tidak otomatis akan dipamerkan di ruang museum.

"Soal nanti dipamerkan di museum atau disimpan (di ruang storage) kami akan menyesuaikan dengan story line yang berjalan di museum. Tidak semua yang sudah dihibahkan didisplay, tetapi kami melakukan rotasi koleksi yang dipamerkan," katanya.

Penyerahan mushaf tersebut disaksikan para ustadz dan santri yang turut hadir dan berkunjung di Bayt Al-Qur'an serta tim pengelola BQMI. (Ath)

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved