Dr. Muharam: Litbang Mendukung Penuh Penyusunan Mushaf Al-Qur’an Isyarat

Statemen tersebut dikemukakan Dr. Muharam, MA, Ph.D selaku Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kemenag pada acara penyusunan mushaf Al-Qur’an isyarat dan penyempurnaan mushaf Al-Qur’an Braille yang diselenggarakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) pada Selasa, 06/12 di Jakarta. Acara ini diadakan bersamaan dengan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember.

“Badan Litbang dan Diklat akan mendukung penuh penyusunan mushaf Al-Qur’an isyarat yang dilakukan oleh Lajnah. Kita akan mendukung dari sisi manajemen dan penganggaran, karena ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia, khususnya untuk penyandang disabilitas sensorik rungu wicara,” jelasnya di sesi pembukaan.

Selain Sekretaris Badan Litbang dan Diklat, hadir pula pada acara ini, Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dr. Muchlis M. Hanafi, MA. Dalam sambutannya, Muchlis menyampaikan bahwa mushaf Al-Qur’an isyarat yang disusun oleh LPMQ mendapat sambutan yang sangat positif dari sejumlah negara pada forum pertemuan sejumlah pimpinan Lajnah Masahif Al-Qur’an negara-negara Islam yang diselenggarakan di Turki akhir Nopember 2022.

Muchlis menambahkan, bahwa ke depan Lajnah tidak hanya Menyusun mushaf Al-Qur’an isyarat, tetapi juga akan menginisiasi lahirnya juru bahasa isyarat keislaman yang bertugas secara khusus menyampaikan pesan-pesan Islam, baik dakwah, khutbah dan lain-lain. “Kita ingin negara benar-benar hadir untuk teman-teman Tuli, khususnya dalam bidang agama, tandasnya di akhir sambutan.

Di akhir acara, Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kemenag menyerahkan secara simbolik hasil penyusunan mushaf Al-Qur’an Braille dan mushaf Al-Qur’an Isyarat kepada para penggunanya masing-masing. [Must]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved