Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) adakan TOT

Komitmen Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) dalam memberikan fasilitas akses layanan pemenuhan hak keagamaan yang termaktub dalam amanat UU No.8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas  terus dilakukan. Upaya kerja sama dengan berbagai lembaga dan yayasan disabilitas menjadi prioritas dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Terkait hal tersebut, Pengurus Pusat Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia bekerja sama dengan Baitul Maal Muamalat (BMM) melaksanakan kegiatan Training of Trainer Al-Qur’an Braille Batch 3 dengan mengusung tema “Al-Qur’an Mu’jizat Sepanjang Masa, Inspirasi sepanjang Hayat”. Kegiatan berlangsung selama 4 hari dari hari Kamis-Minggu, 17-20 Maret 2022 di wisma Sargede, Kota Gede, Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti 18 peserta yang merupakan perwakilan dari Pengurus Daerah dan Pengurus Wilayah ITMI Yogyakarta. Bentuk kegiatan berupa pemberian materi di dalam kelas, sekitar 8 materi yang dipaparkan antara lain Pra test, Sejarah Penulisan dan Pembukaan Al-Qur’an, Sejarah Perkembangan Al-Qur’an Braille, Kaidah umum penulisan Arab Braille, Prioritas Program ITMI terhadap Al-Qur’an Braille, Prioritas Program ITMI terhadap Al-Qur’an Braille, Problematika penulisan Arab Braille, Simulasi mengajar, Praktikum, Post Test, dan Ulumul Qur’an.

Acara ini dibuka oleh ketua Umum ITMI bapak H. Yusdi Yusfar, beliau menyampaikan tujuan diselenggrakannya kegiatan TOT ini adalah untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar Al-Qur’an Braille dan meningkatkan kualitas dan kuantitas majelis Ta’lim Al-Qur’an Braille di Indonesia.

Secara khusus ITMI mengundang Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an untuk ikut hadir pada kegiatan ini agar menyampaikan arahan dan program-program yang sedang di lakukan oleh LPMQ keterkaitannya dengan mushaf Al-Qur’an Braille. Di hadiri oleh Koordinator Bidang Pentashihan Mushaf Al-Qur’an H. Deni Hudaeni, Lc. MA dan didampingi oleh Ahmad Jaeni, MA penyusun buku pedoman Braille LPMQ. Di sela-sela sambutannya, Deni Hudaeny menyampaikan apresiasi kepada pengurus ITMI dengan kegiatan TOT ini dan berharap buku pedoman yang telah disusun bisa membantu teman-teman netra dalam mengakses pendidikan agama terutama dalam membaca Al-Qur’an.

Pada acara ini, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan TOT dibagikan buku pedoman membaca Al-Qur’an Braille untuk dibaca dan ditelaah bersama-sama, dan diharapkan saran masukan dari peserta yang sehari-harinya berprofesi sebagai guru pengajar di masing-masing lembaganya. (Enha)

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved