Ikuti Harmusindo di Gedung DPR, BQMI Pamerkan Manuskrip Era Sahabat Nabi Koleksi Faksimili

Ikuti Harmusindo di Gedung DPR, BQMI Pamerkan Manuskrip Era Sahabat Nabi Koleksi Faksimili

Beberapa Manuskrip Al-Qur'an Masa Sahabat Nabi Saw abad pertama Hijriah (faksimili) koleksi Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal (BQMI), dipamerkan di Gedung Nusantara 2 DPR RI dalam rangka turut memeriahkan gelaran Pameran Bersama Museum-museum se-Indonesia pada acara peringatan Hari Museum Indonesia (Harmusindo), 12-13 Oktober 2023.

Pada pameran ini BQMI mengangkat tema Mukjizat Al-Qur'an. Melalui tema tersebut BQMI ingin menjelaskan kepada pengunjung bagaimana cara penjagaan Al-Qur'an selama lebih dari 1400 tahun lamanya Al-Qur'an disalin secara manual dari generasi ke generasi hingga abad ini, namun isinya tetap sama.

Pada bagian deskripsi dijelaskan, beberapa aspek yang mengalami perubahan dan perkembangan di antaranya, tanda baca, bentuk kaligrafi, iluminasi dan media yang digunakan. Namun secara bacaan tetap sama. Demikian cara Allah menjaga kitab suci Al-Qur'an, selain terekam dalam manuskrip yang tertulis, Al-Qur'an terus menerus dan secara turun temurun secara mutawatir terekam dalam hafalan umat Islam yang jumlahnya terus bertambah.

Berdasarkan riwayat, terdapat lebih dari 30.000 sahabat yang hafal Al-Qur'an pada saat Nabi Saw wafat. Jumlah tersebut selalu meningkat berlipat-lipat dari satu periode ke periode berikutnya. Inilah bukti Mukjizat Al-Qur'an, Allah menjamin kesuciannya dari segala macam perubahan, pemalsuan dan kemusnahan (Surah al-Hijr/15: 9). [Sy]

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved