Kajian Tafsir Ayat Kauniyah Untuk Siswa SMA Rampung Tahun 2021

Kajian tafsir ayat kauniyah untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan yang sederajat telah selesai dilaksanakan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ). Kegiatan ini terlaksana bekerja sama dengan STAI Al-Muhajirin, Purwakarta.

"Output dari kegiatan ini adalah buku ajar tafsir ayat kauniyah untuk siswa SMA, di mana kajian materi yang dibahas adalah mata pelajaran Biologi," kata Abdul Aziz Sidqi, MA, selaku Kepala Bidang Pengkajian Al-Qur'an dalam kegiatan Kajian Tafsir Ayat Kauniyah Ke- 3, hari Rabu (13/9) di Jakarta Selatan.

"Insyaallah, buku ini akan diterbitkan LPMQ pada tahun 2022. Semoga bisa menjadi panduan bagi guru-guru mata pelajaran Biologi dan siswa SMA di Jawa Barat bahkan di tingkat nasional," harap Aziz melanjutkan.

Menurut Aziz, setelah pembahasan materi bahan ajar tafsir kauniyah ini selesai dilaksanakan, tugas LPMQ berikutnya adalah menyelenggarakan forum uji publik sebelum buku ini diterbitkan dan diperbanyak.

"Setelah kegiatan ini, sebelum kita cetak, materi buku ini akan kita uji publikkan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat luas. Sebagaimana sebelumnya juga melakukan uji publik bagi terjemahan Al-Qur'an edisi penyempurnaan tahun 2019," ungkapnya menambahkan.

Sajian materi dalam buku ini disusun dalam 9 bab. Pada setiap bab pembahasan diawali deskripsi singkat yang menggugah minat siswa terkait tema bab yang dibahas. Dilanjutkan dengan pendahuluan yang di dalamnya disisipkan 1 ayat Al-Qur'an sesuai tema. Dari ayat Al-Qur'an ini kemudian dielaborasi mulai dengan pencantuman kata-kata kunci dan tafsir ayat. Berikutnya, pembahasan juga dilengkapi dengan box Integrasi Al-Qur'an dan Sains, box Tahukah Kamu, dan box Pojok Riset.

Buku ajar tafsir ayat kauniyah ini adalah terobosan baru untuk memperkaya wawasan siswa SMA bahwa ilmu pengetahuan pada hakikatnya adalah terintegrasi.  Tidak ada dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum (alam). [bp]

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved