Lakukan Kerja Sama, LPMQ Terima Kunjungan Mahasiswa UIN Banten

Jakarta-Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) menerima kunjungan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten pada Rabu (21/12/2022) di Gedung Bayt Al-Qur’an, Jakarta. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Praktikum Profesi Lapangan (PPL) dan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar khususnya untuk eksplorasi wilayah profesi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) menjadi penerjemah dan peneliti bahasa.

Sub Koordinator Bidang Pengkajian Al-Qur'an, Reflita, menyambut dan menerima rombongan, dan berharap kunjungan ini bisa membuahkan hasil yang memberikan dampak positif bagi LPMQ maupun bagi UIN Banten.

Moh. Hudaeri, Dekan Fakultas BSA, selaku pimpinan rombongan mengatakan bahwa kedatangannya ke LPMQ selain untuk Memorandum of Agreement (MoA), mereka juga ingin mengetahui lebih dalam proses pentashihan mushaf Al-Qur'an.

"Harapan kami untuk kedepannya jika ada kegiatan bisa melibatkan kami atau mahasiswa supaya bisa lebih mengetahui profesi atau studi yang mereka kaji selama ini. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab mungkin lebih ke terjemahnya dan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir lebih ke tafsirnya," ujarnya.

Hudaeri juga menjelaskan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka ini dalam rangka mengenalkan profesi yang akan mereka geluti kedepan. "Selama ini mahasiswa terlalu fokus pada kampusnya sendiri padahal yang terpenting adalah bagaimana setelah mereka lulus kedepan. Untuk itu, kunjungan ini bertujuan mengenal lebih awal terkait hal tersebut," tuturnya.

Selain penandatangan kerja sama, LPMQ juga memberikan materi terkait pentashihan mushaf Al-Qur'an yang dijelaskan oleh Pentashih Mushaf Al-Qur'an Ahli Muda, Abdul Hakim. Seluruh mahasiswa tampak antusias menyimak penyampaian materi yang disampaikan.

Kunjungan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini diikuti oleh 30 mahasiswa yang didampingi oleh Dekan Fakultas BSA, Wakil Dekan 2, Kaprodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Kaprodi BSA, beserta jajaran lainnya. [AER]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved