LPMQ Lanjutkan Proses Coding E-Pub Tafsir Tahlili Website Pustaka Lajnah

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) akan menambah konten produk tafsir dalam fitur Elektronik Publikasi (E-Pub) di website Pustaka Lajnah. Produk tafsir yang sedang diformat dalam bentuk E-Pub adalah Tafsir Tahlili, pada bab Mukadimah dan juz 16-30.

Proses coding materi tafsir ke dalam format E-Pub dilaksanakan serentak oleh 30 orang pegawai LPMQ dalam kegiatan fullday Digital Reading Pustaka LPMQ, Kamis, (24/3) di Jakarta Selatan.

E-Pub merupakan buku digital yang memiliki format standar yang bisa dibaca oleh epub reader. Dengan fitur E-Pub pengunjung bisa mengakses koleksi buku di website Pustaka Lajnah dengan mendengar.

"E-Pub termasuk fitur layanan baru di Pustaka Lajnah. Tujuannya, untuk memudahkan  dan memberikan alternatif kepada pengunjung dalam memanfaatkan produk LPMQ. Tinggal klik, materi dalam buku yang dikehendaki akan dibacakan secara otomatis oleh mesin," kata Sub Koordinator Seksi Sosialisasi dan Penerbitan dalam pembukaan kegiatan.

Menurut Salim Rusdi Cahyono, sebagai pengarah teknis proses coding, yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas ini adalah teliti dan hati-hati.

 "Setiap code harus diperhatikan baik-baik. Kalau salah entry, teks Arab atau Latinnya tidak dapat dibaca oleh E-Pub reader," himbau alumni pesantren Gontor tersebut mengingatkan peserta kegiatan. [bp]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved