Ma’had Aly Yanbu’ul Qur’an Kudus Lakukan KKL Perdana ke LPMQ

Ma’had Aly Yanbu’ul Qur’an Kudus Lakukan KKL Perdana ke LPMQ

Jakarta (26/02) – Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Balitbang menerima Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Ma’had Aly Yanbu’ul Qur’an Kudus. Rombongan berjumlah 90 mahasiswa dan 7 dosen Ma’had pimpinan Dr. Sahal Mahfudz, M.Pd dan Muhammad Akrom, MA ini diterima langsung oleh Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Balitbang Kemenag, H. Abdul Aziz Sidqi, MA. didampingi Dr. Fahrur Rozi, MA dan Dr. Zainal Arifin Madzkur, MA.

Mengawali sambutannya, Ustadz Sahal menyampaikan salam dari sesepuh dan pengasuh Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an, Buya KH. Ulin Nuha Arwani dan Buya KH. Moch Ulil Albab Arwani serta Direktur Ma’had Ali, Agus H. Ahmad Nasih yang berhalangan hadir.

“Kegiatan KKL ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan akademik mahasantri dalam hal pendalaman beberapa rumpun keilmuan ‘Ulumul Qur’an yang selama ini telah banyak dikembangkan oleh LPMQ,” jelas Sahal.

Untuk keperluan tersebut, kegiatan KKL ini didesain dengan membuat 7 kelas dengan 1 dosen pembimbing dari LPMQ. 7 tema yang diangkat adalah rasm wa dhabt, waqaf dan ibtida', manuskrip mushaf kuno, transliterasi dan penerjemahan, mushaf Braille, mushaf Isyarat, dan qira'at.

Kepala LPMQ dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran pimpinan dan segenap mahasantri dari Ma’had Aly Yanbu’ul Qur’an Kudus. “KKL ke LPMQ merupakan langkah yang tepat bagi Ma’had Aly, terlebih pada bulan November 2023 LPMQ dan Ma’had Aly telah melakukan MoU. Dari kegiatan ini diharapkan rumpun-rumpun keilmuan yang dikembangkan di LPMQ bisa ditularkan dan disinergikan dengan kampus-kampus berlatarbelakang Al-Qur’an seperti MA Yanbu’ul Qur’an. Terlebih Mushaf Qira’at yang sedang dikembangkan oleh LPMQ juga salah satunya merujuk pada Faidhul Barakat karya KH.M. Arwani Amin al-Qudusi pendiri pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus,” tuturnya.

Sebagaimana agenda yang direncanakan, LPMQ menjadwalkan semua tema yang dimintakan dengan masing-masing para pentashih; kelas Rasm wa Dhabt oleh Dr. Zainal Arifin Madzkur, MA; kelas Waqaf dan Ibtida' oleh Dr. Ahmad Badruddin, MA; kelas Manuskrip Mushaf Kuno oleh Dr. Abdul Hakim Syukri, M. Si; kelas Transliterasi dan Penerjemahan oleh Mustopa, M.Si; kelas Mushaf Braille oleh Ahmad Jaeni, MA; kelas Mushaf Isyarat oleh Hj. Ida Zulfiya, Mag; dan kelas Qira'at oleh Dr. Fahrur Rozi, MA. (znl)

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved