LPMQ - Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal (BQMI) terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh pengunjung, baik pengunjung lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satu upaya yang dilaksanakan adalah pengembangan penggunaan Bahasa Inggris kepada petugas di Bandung selama lima hari, 5-9 Agustus 2024.
Liza Mahzumah, Ketua Tim Pengelolaan Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal mengatakan, sesuai visi BQMI menjadi museum bertaraf internasional, maka, untuk mencapainya, para petugas di BQMI minimal memiliki kecakapan salah satu bahasa asing dalam melayani pengunjung.
"Para petugas di museum dituntut untuk lebih meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris guna dapat berkomunikasi dan melayani para pengunjung mancanegara dengan lebih baik. Untuk itu, dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai LPMQ mengirim petugas museum untuk melatih kecakapan bahasa Inggris," katanya.
Materi yang ditekankan dalam pelatihan ini adalah pelayanan museum, baik saat melayani tiket hingga menjadi guide. Termasuk bagaimana mendeskripsikan benda secara fisik dan non fisik.
"Sepulang dari pelatihan ini, insyaallah bahasa Inggris akan lebih sering digunakan untuk keseharian di museum. Dengan begitu, kemampuan peserta semakin lancar," tegas Liza.
Dalam pelatihan ini, tutor didatangkan dari Desa Inggris di Bandung yang sudah memiliki banyak pengalaman. Pelatihan lebih banyak untuk praktek menggunakan struktur bahasa Inggris seperti saat menyapa, menawarkan bantuan, menjelaskan benda, dan lainnya yang semuanya sangat dibutuhkan dalam tugas keseharian melayani pengunjung BQMI. (Ath)