Mudahnya Mengutip Al-Qur’an Berdasarkan Tema di Add in Qur’an Kemenag Terbaru

 

Jakarta (27/1/2021) – Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI telah merilis update produk layanan kealquranan berbasis digital pada hari Rabu, 27 Januari 2021. Ada 4 (empat) produk yang diluncurkan pada acara yang diselenggarakan secara virtual dari kantor LPMQ, di antaranya adalah Aplikasi Qur’an Kemenag Android, Add in Qur’an Kemenag in Ms Word (QKIW), film dokumenter ilmiah, dan distingsi terjemahan Al-Qur’an Kemenag edisi penyempurnaan 2019.

Salah satu produk yang disebar kepada masyarakat adalah Add in Qur’an Kemenag in Ms Word versi 2. Pada versi ini, sebagaimana dijelaskan M. Taufiq, pengembang yang sekaligus bertindak sebagai narasumber pada acara tersebut menjelaskan bahwa kemudahan yang ditawarkan adalah pengutipan ayat berdasarkan suatu tema yang diinginkan user ke dalam dokumen Ms Word.

Menurutnya, penambahan database terjemahan Al-Qur’an Kemenag edisi penyempurnaan 2019 yang memuat tema terjemahan pada pada QKIW membuat QKIW V.2 menjadi lebih beragam pilihan jenis pengutipan ayatnya.

“Pada button Jelajahi Al-Qur’an dalam kelompok pilih surah dan ayat terdapat tombol pilihan tema Qur’an. Pada bagian ini user dapat mencari dan memilih tema yang diinginkan, maka secara otomatis pilihan surah dan ayat akan mengikuti tema yang dipilih. Ada ribuan tema yang tersedia. Jika user sudah menentukan pilihan tema dan ingin menampilkan ke dalam lembar kerja Ms Word, user tinggal klik tombol tampilkan,” jelas Taufiq.

Hal baru dalam QKIW V.2 selain terjemahan Al-Qur’an Kemenag edisi penyempurnaan 2019 adalah ta’rif Mushaf Standar Indonesia (MSI) dan tanya jawab terkait MSI. Dengan adanya dua fitur baru tersebut, menurutnya masyarakat dapat mengetahui secara mendalam terkait apa itu Mushaf Standar Indonesia dan seluk-beluknya.

Untuk memasang QKIW V.2 ke dalam PC atau laptop, lanjut Taufiq, masyarakat dapat mengunduh file installer QKIW V.2 di website LPMQ https://lajnah.kemenag.go.id/unduhan atau mencari di mesin pencari google dengan kata kunci download Qur’an Kemenag. Halaman unduh QKIW akan ditampilkan paling atas dari hasil pencarian tersebut. Add in Qur’an Kemenag in Ms Word versi 2 ini bisa diinstal ke dalam PC atau laptop dengan cara menguninstall versi QKIW V.1 terlebih dahulu. (MZA)

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved