Penandatanganan Kontrak Penelitian SBKU

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun 2021 penelitian Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) menggunakan pola penganggaran Standar Biaya Keluaran Umum (SBKU). Biaya penelitian yang semula dikelola dan dikendalikan oleh bendahara, dengan pola ini pengelolaan dan tanggung jawab sepenuhnya diserahkan kepada peneliti yang bersangkutan. Sebagai tanda resmi pemberian biaya, LPMQ menyelenggarakan acara Penandatanganan Kontrak Penelitian SBKU, Senin (29/0321) di Jakarta.

“Tahun ini LPMQ akan melaksanakan 5 penelitian, yaitu penelitian tentang media literasi bagi penyandang disabilitas rungu wicara, penelitian tentang kebijakan penerbitan mushaf Al-Qur’an, riset koleksi Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal, moderasi dalam buku ajar agama di madrasah, dan ragam tradisi khataman di Nusantara. Tiga yang pertama merupakan penelitian penugasan untuk peneliti LPMQ, sementara yang dua terakhir merupakan penelitian kompetitif yang diikuti secara terbuka oleh kalangan akademisi dan peneliti di luar LPMQ,” demikian disampaikan Dr. Ali Akbar dalam laporannya di awal acara.

Penandatanganan ini sendiri dilakukan secara simbolis, untuk penelitian penugasan diwakili oleh Imam Arif, MA, dan untuk penelitian kompetitif diwakili oleh Heri Gunawan (UIN Bandung), salah seorang pemenang penelitian kompetitif LPMQ. “Untuk penelitian kompetitif, seluruh proses penilaian proposal dilakukan secara objektif dengan kriteria penilaian yang sudah ditetapkan, sehingga semuanya dijamin bersih dan profesional” demikian disampaikan Kepala Lajnah. Dari total 400 lebih proposal penelitian yang masuk, panitia memilih 16 pemenang, dengan rincian, penelitian tentang moderasi beragama 8 pemenang, dan tradisi khataman 8 pemenang. Acara penandatanganan ini disaksikan oleh peneliti, pegawai LPMQ dan juga diikuti oleh para pemenang penelitian kompetitif secara daring memalui aplikasi zoom meeting.

Setelah penandatanganan ini, para peneliti sudah bisa melakukan penelitian masing-masing sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditetapkan, dan diharapkan bisa menghasilkan penelitian yang baik dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. [must]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved