Sambut Hari Santri 2023, Qur’an Kemenag Bebaso Palembang Diluncurkan

Penyerahan suvenir LPMQ kepada Pj Gubernur Sumsel dan Rektor UIN Sultan Fatah

Palembang (LPMQ) --- Qur’an Kemenag dengan terjemah Bebaso Palembang diluncurkan menyambut Hari Santri Nasional 2023 di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Dr. Agus Fatoni, M.Si melaunching langsung Qur'an Kemenag Bebaso Palembang di halaman Kampus B UIN Raden Fatah (18/10/2023) sekaligus membuka Expo Kemandirian Pesantren.

Qur’an Kemenag Terjemah Bebaso Palembang merupakan Transformasi Digitali layanan Keagamaan pada Kementerian Agama hasil kerjas ama antara Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) dengan Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO).

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel mengapresiasi penerjemahan Al-Qur’an ke dalam Bahasa Palembang dan upaya digitalisasinya. Menurutnya, hal ini merupakan terobosan baik dan perlu dilanjutkan serta menjadi khazanah baru dalam usaha membumikan Al-Qur’an.

"Al-Qur’an digital yang dilaunching hari ini adalah untuk memudahkan kita dalam membaca dan memahami Al-Qur’an dari mana saja dan kapan saja. Hanya cukup membawa handphone," lanjutnya.

Ia berharap digitalisasi terjemahan Al-Qur’an Bebaso Palembang ini dapat menumbuhkembangkan kecintaan umat muslim di Sumsel terhadap Al-Qur’an dan memudahkan masyarakat penutur bahasa Palembang dalam memahami isi dan kandungan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Pj Gubernur juga berharap dukungan dari Pemerintah Kabupaten/Kota dan swasta untuk dapat memperbanyak Al-Qur’an terjemahan Bebaso Palembang ke dalam versi cetak yang nantinya bisa dibagikan ke perpustakaan dan lembaga pendidikan di Sumsel.

"Perbanyak lagi cetakannya supaya murid-murid sekolah dan masyarakat bisa mempelajari dan membacanya. Kita minta bantuan pemerintah Kabupaten/Kota atau jika ada perusahaan yang mempunyai CSR juga bisa dibantu," harapnya. (MZA)

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved