Diseminasi Hasil Kajian Al-Qur'an, Literasi Al-Qur'an dalam Bingkai Moderasi Beragama

Diseminasi Hasil Kajian Al-Qur'an, Literasi Al-Qur'an dalam Bingkai Moderasi Beragama

Rabu, 24 Juli 2024, di Ponpes Roudhotul Muta'allimin Lamongan, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) selenggarakan acara Diseminasi Hasil Kajian Al-Qur'an yang bertujuan memperkuat literasi Al-Qur'an dalam kerangka moderasi beragama. Hadir pada acara tersebut para tokoh, kyai, praktisi, dan guru-guru Al-Qur'an yang antusias mendalami pemahaman agama secara moderat.

Salah satu narasumber LPMQ, Bagus Purnomo menyampaikan bahwa LPMQ berperan penting dalam mengawal kemurnian Al-Qur'an, serta menyusun berbagai produk kajian Al-Qur'an seperti tafsir tematik dan naskah akademik keagamaan yang bertujuan untuk menjaga nilai-nilai agama yang moderat.

Reflita, narasumber lainnya, juga turut memberikan wawasan tentang pentingnya aksesibilitas produk-produk Al-Qur'an dan Tafsir untuk kalangan disabilitas, sehingga semua lapisan masyarakat dapat menikmati kekayaan pemahaman agama.

“Penolakan terhadap moderasi beragama seringkali disebabkan oleh ketidaktahuan akan konsep tersebut atau persepsi bahwa moderasi beragama bertentangan dengan nilai-nilai agama. Oleh karena itu, negara hadir untuk memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai moderasi beragama,” jelasnya.

Upaya menjaga keberagaman dan memperkuat moderasi beragama, tujuan utamanya adalah untuk menemukan titik temu yang mempersatukan, bukan menekankan perbedaan yang ada. Dengan semangat kebersamaan dan pemahaman yang mendalam, diharapkan para peserta acara dapat membawa semangat moderasi beragama ini ke dalam praktik sehari-hari mereka. [IAP]

Editor: Mustopa 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved