Kanwil Jakarta Programkan Akselerasi Realisasi Untuk Triwulan III 2023

Kanwil Jakarta Programkan Akselerasi Realisasi Untuk Triwulan III 2023

Jakarta – Kanwil DKI Jakarta menggelar Rapat Evaluasi Realisasi Serapan Anggaran 2023 yang dilaksanakan di Aula Fatahillah pada Senin, 21 Agustus 2023. Rapat tersebut dihadiri sekitar 25 peserta yang mewakili beberapa satker di lingkungan Kanwil DKI Jakarta, antara lain UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Balai Litbang Jakarta, Balai Diklat Jakarta, UPT Asrama Haji, Pembimas dan Kasubbag TU Kanwil.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar, mengungkapkan pentingnya percepatan realisasi pada triwulan III sedikitnya 70 persen, yang sebelumnya ditargetkan pada akhir Juli 2023. “Jika tidak tercapai, konsekeunsinya akan dipotong 20 persen, dan dialihkan untuk kegiatan program prioritas nasional”, tekannya.

Rapat ini merupakan persiapan evaluasi yang diadakan forum Kanwil se-Indonesia, nanti malam. “Saat ini kami berada di urutan 14, dari 34 Kanwil, dengan prosentase penyerapan sebesar 61,39%. Ini merupakan peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya Kanwil DKI Jakarta berada di posisi buncit”.

Dalam kesempatan tersebut, LPMQ yang diwakili oleh Bendahara Pengeluaran menyampaikan beberapa kendala dalam realisasi.  Yaitu adanya pagu yang diblokir (automatic adjustment), belanja rutin yang mustahil dimajukan pertanggungjawabannya, dan pengadaan yang masih dalam proses.

Kendala tersebut rupanya juga dialami oleh satker lainnya. Khusus untuk pengadaan IT atau aplikasi, Kabag TU Kanwil Jakarta, Sugito menyampaikan agar di-clearence-kan dulu dengan Kominfo. “Sehingga pengadaan tersebut dapat dipertanggungjawabkan”.

Pada akhir rapat, Kakanwil menyampaikan bahwa nantinya akan dilakukan evaluasi per triwulan yang dilaksanakan di BLA Jakarta. “Evaluasi tersebut diikuti oleh enam satker, yaitu UIN Jakarta, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, UPT Asrama Haji, Balai Litbang dan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, serta Kanwil sendiri. Hal ini juga sebagai ajang silaturahmi satker yang berada di lingkungan Kanwil DKI Jakarta”, pungkasnya.  (Farid Zubaidi)

 

Editor: Agus N

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved