Kunjungi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, LPMQ Gagas ‘ChatQur’ani’

Kunjungi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, LPMQ Gagas ‘ChatQur’ani’

Jum'at, 27 Oktober 2023. Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) dan Tim IT LPMQ melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Kunjungan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari dekan dan para guru besar Fakultas Ilmu Komputer UI, diantaranya Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc (Dekan), Prof. Heru Suhartanto, Drs., M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom., Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Prof. Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom, dan Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom. Sementara dari LPMQ hadir H. Abdul Aziz Shidqi, MA, (Kepala LPMQ), Zarkasi Afif, MA (Ketua Tim IT), Agus Nurul Saripuddin, S.Kom, Rita Zumara, S.Kom dan Anoraga Widi Okka.

Mengawali pertemuan ini Prof. Harry menyampaikan tahniah dan ucapan selamat kepada pimpinan dan tim LPMQ atas kunjungannya. Guru besar Fakultas Ilmu Komputer UI ini juga menjelaskan bahwa pertemuan ini adalah pertemuan lanjutan dari pertemuan sebelumnya baik melalui zoom meeting maupun pertemuan offline dalam Lokakarya Pengembang Al-Qur'an Digital di Hotel Grand Whiz, Lebak bulus. Silaturahim ini wujud keseriusan kedua belah pihak untuk kerjasama dalam khidmat Al-Qur'an dan pengembangan chatbot Al-Qur'an atau ChatQur'ani.

Tak ketinggalan, Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI, Prof Mursanto juga menyambut baik kunjungan ini dan membuka lebar kerja sama antara Kementerian Agama dengan Fakultas Ilmu Komputer UI guna mewujudkan pengembangan aplikasi yang saling menguntungkan dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Pada momen kunjungan ini, Abdul Aziz menyampaikan bahwa salah satu program prioritas Kementerian Agama adalah Transformasi Digital, termasuk dalam pelayanan Kitab Suci Al-Qur'an. LPMQ sebagai satu-satunya lembaga otoritatif yang menjaga Kitab Suci Al-Qur'an telah mengembangkan beberapa produk digital baik dalam versi Android, iOS, website dan In Word yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas.

Seiring dengan kemajuan teknologi, lanjutnya, LPMQ juga telah mengembangkan beberapa aplikasi yang berbasis artificial intelligence berupa aplikasi tashih otomatis yang membantu proses pentashihan Mushaf Al-Qur'an dengan cepat dan tepat.

“Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama tentang pengetahuan dan kajian Al-Qur'an, LPMQ akan mengembangkan chatbot Al-Qur'an, dimana masyarakat bisa bertanya apa saja terkait Al-Qur'an. Menyadari keterbatasan sumber daya, LPMQ berharap bantuan dan dukungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia guna mewujudkannya,” tambah Aziz.

Di sela kunjungan, rombongan LPMQ mendapat kehormatan untuk mengunjungi laboratorium yang telah mengembangkan chatbot dan pengembangan aplikasi berbasis artificial intelligence. Selanjutnya, silaturahim ini diharapkan menjadi titik awal dari kerja sama kedua belah pihak untuk mengembangkan chat Al-Qur'an yang bermanfaat bagi umat dengan izin Allah, amiin. [ZA]

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved