Launching Terjemahan Al-Qur'an Bahasa Gayo Dalam Qur'an Kemenag

Launching Terjemahan Al-Qur'an Bahasa Gayo Dalam Qur'an Kemenag

Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama bersama IAIN Takengon luncurkan terjemahan Al-Qur'an ke dalam Bahasa Gayo. Acara sosialisasi yang diselenggarakan 9 Oktober 2024 di Takengon, Aceh ini mengundang sejumlah peserta, termasuk dosen, akademisi, mahasiswa, dan pemerhati Al-Qur'an.

Sejumlah narasumber turut memberikan paparan terkait pentingnya terjemahan ini. Prof. Dr. Zulqarnain sebagai ketua Tim Penerjemah, mengungkapkan bahwa masyarakat Gayo, yang tersebar di berbagai negara, sangat menyambut gembira inisiatif ini. "Penerjemahan Al-Qur'an ke dalam Bahasa Gayo sangat diperlukan untuk menjaga dan memahami ajaran Islam bagi komunitas kami," ujarnya.

PJ Bupati Aceh Tengah, Subandi, menyatakan bahwa peristiwa ini menandai sejarah baru dalam pendidikan, sebagai terjemahan Al-Qur'an pertama dalam Bahasa Gayo. Ia berterima kasih kepada Kementerian Agama yang telah menerjemahkan Al-Qur'an ke dalam Bahasa Gayo, salah satu dari sepuluh bahasa yang ada di aplikasi Qur'an  Kemenag. "Ini adalah titik tolak untuk pengembangan dan pelestarian bahasa dan budaya Gayo,” jelas Subandi.

Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Ridwan Nurdin, Rektor IAIN Takengon, menambahkan bahwa terjemahan ini bukan hanya sekadar teks, tetapi juga menjadi panduan yang paling dekat dengan masyarakat Gayo. "Ini adalah produk pendidikan dan akan menjadi rujukan bagi perkembangan bahasa Gayo di masa depan. Dan kita patut bangga karena terjemah ini sudah masuk dalam bentuk digital pada aplikasi Qur'an Kemenag," katanya.

Prof. Dr. Moh Isom, Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Menejemen Organisasi, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses ini. Ia berharap, ke depan, terjemahan ini menjadi langkah awal untuk pengembangan lebih lanjut dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Gayo dan sekitarnya.

Aplikasi Qur'an Kemenag menjadi sarana yang tepat dan cepat dalam sosialisasi bagi terjemahan bahasa daerah yang terpercaya karena produk resmi Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kementerian Agama. Kini hadir dengan berbagai versi android, IOS, website dan Add in Word untuk membantu masyarakat memahami kandungan Al-Qur'an dengan mudah dan praktis. [IAP]

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved