Pembinaan Pentashihan Mushaf Al-Qur’an di Universitas PTIQ Jakarta

Pembinaan Pentashihan Mushaf Al-Qur’an di Universitas PTIQ Jakarta

LPMQ - (Jakarta) Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Balitbang Kemenag dan Lembaga Tahfidz dan Tilawah Al-Qur’an (LTTQ) Universitas PTIQ Jakarta menggelar kerja sama Pembinaan Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 08 Oktober 2024 di Aula Kampus Universitas PTIQ Jakarta. Acara ini dihadiri 50 mahasiswa-mahasiswi. Dari Universitas PTIQ diwakili langsung ketua LTTQ, Dr. H. Abdurrahim Hasan, MA. Adapun dari LPMQ selain Kepala LPMQ, H. Abdul Azizi Sidqi, M. Ag, juga didampingi beberapa narasumber; H. Achmad Khotib, M.Ag, Anton Zaelani, MA. Hum. dan Dr. H. Zaenal Arifin, MA yang juga dosen di Fakultas Ushuludin Universitas PTIQ Jakarta.

Ketua Tim Pembinaan dan Pengawasan, H. A. Khotib, M.Ag dalam sambutannya menyatakan banyak terima kasih kepada Ketua LTTQ, Dr. H. Abdurrahim Hasan, MA atas terealisasinya kegiatan pembinaan yang baru terlaksana setelah beberapa kali diagendakan. ”Kegiatan ini diikuti 50 peserta dari 4 fakultas di PTIQ. Semoga ke depannya bisa lebih banyak, lebih baik dan lebih maksimal,” papar Khotib.

Dr. KH. Abdurrahim, Ketua LTTQ sekaligus mewakili Rektor Universitas PTIQ, dalam sambutannya menegaskan bahwa PTIQ dikenal sebagai lembaga yang konsen dalam Al-Qur’an. Tidak hanya dari sisi tahfidz dan tilawahnya tapi juga pada cabang-cabang yang lain. Karenanya kegiatan pembinaan kali ini sangat penting.

”Karena distingsi PTIQ adalah semua fakultas memiliki kompetensi dasar dalam beberapa point penting ilmu-ilmu Al-Qur’an, seperti qira’at, tilawah, rasm usmani, dan lain-lain. Semoga ke depannya bisa lebih termotivasi dalam kajian permushafan di Indonesia bahkan dunia Internasional,” jelasnya.

Acara ini dibuka langsung oleh H. Abdul Aziz Sidqi, Kepala LPMQ yang juga alumni PTIQ Jakarta. Aziz  dalam sambutannya menjelaskan bahwa output pembinaan di PTIQ Jakarta diharapkan ke depannya para mahasiswa dan alumni PTIQ bisa lebih berkiprah dan mengembangkan praktek keilmuannya selama perkuliahan di PTIQ di masyarakat luas bahkan di LPMQ Jakarta. Kiprah yang dimaksudkan adalah kemampuan bagaimana cara mentashih Al-Qur’an baik dari aspek rasm, tanda baca, tanda waqaf, dan lain-lain. Selain itu juga berharap ada penggenalan/TOT lebih lanjut terhadap produk-produk LPMQ terbaru seperti Mushaf Isyarat bagi sahabat tuli di lingkungan PTIQ. [znl]

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved