LPMQ Menerima Kunjungan Akademik Mahasiswi Universitas Darussalam Putri Gontor

LPMQ Menerima Kunjungan Akademik Mahasiswi Universitas Darussalam Putri Gontor

Jakarta, 7 Oktober 2024 – Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) menerima kunjungan akademik Universitas Darussalam Putri Gontor, Ngawi. Rombongan yang terdiri dari 38 mahasiswi Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT) serta dua dosen pendamping, Dr. Ali Mahfuz Munawwar, Lc., M. Hum., dan Haila Fardiyatul Laili, M. Ag., ini diterima Dr. Zainal Arifin Madzkur, M.A., di Gedung Bayt Al-Qur’an, TMII, Jakarta.

Zainal Arifin, selaku narasumber pada acara ini membawakan tema "Ilmu Rasm dan Dabt serta Korelasinya dengan Mushaf Standar Indonesia." Kuliah ini memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya ilmu rasm dan dabt dalam proses penulisan dan pentashihan mushaf Al-Qur'an, khususnya dalam menjaga keselarasan dengan standar mushaf Indonesia yang telah ditetapkan oleh LPMQ.

Zainal Arifin menjelaskan bahwa “Ilmu Rasm” merupakan ilmu yang mengatur tentang penulisan batang huruf dalam mushaf Al-Qur'an berdasarkan kaidah Utsmani, sementara “Ilmu Dabt” adalah ilmu yang berkaitan dengan pengaturan harakat, syakl, dan tanda baca lainnya untuk menjaga keakuratan pembacaan Al-Qur'an. Dalam konteks Mushaf Standar Indonesia, kedua ilmu ini sangat berperan dalam memastikan bahwa mushaf yang dicetak dan digunakan di Indonesia tetap sesuai dengan ketentuan syar'i dan amanat dari para ulama terdahulu.

"Ilmu rasm dan dabt kalau di Universitas hanya sebatas “diskusi”, kalau di LPMQ langsung “eksekusi”. Keduanya juga komponen penting yang menjaga keaslian Al-Qur'an. Melalui pentashihan yang teliti, kita dapat memastikan mushaf yang diterbitkan di Indonesia tetap konsisten dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan syar'i," ujar Zainal dalam penjelasannya.

Para dosen dan mahasiswi Universitas Darussalam Putri Gontor sangat antusias mengikuti kuliah umum ini. Selain menjadi bagian dari studi pengayaan lapangan, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi para mahasiswi untuk lebih memahami proses pentashihan mushaf di Indonesia, terutama bagaimana LPMQ menjaga standar kualitas mushaf Al-Qur'an.

"Kunjungan ini memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi para mahasiswi kami, terutama dalam memahami bagaimana teori yang dipelajari di kelas diterapkan secara praktis di lembaga resmi seperti LPMQ," ujar Ali, salah satu dosen pendamping dalam kunjungan ini.

Kuliah umum ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan akademik yang diadakan oleh Universitas Darussalam Putri Gontor sebagai bentuk pengayaan lapangan untuk memperkuat pemahaman mahasiswa dalam disiplin ilmu Al-Qur'an, sekaligus memberikan pengalaman langsung tentang praktik-praktik penerapan ilmu tersebut dalam konteks nyata.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi diskusi interaktif, di mana para mahasiswi berkesempatan bertanya langsung kepada Zainal Arifin tentang berbagai aspek terkait ilmu rasm dan dabt serta tantangan-tantangan dalam menjaga kualitas Mushaf Standar Indonesia. [Awab]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved