Sambut Hari Jadi ke-497, Pemerintah Kabupaten Serang Selenggarakan Pameran Khazanah Mushaf Banten dan Khotmul Qur'an bil Kitabah

Sambut Hari Jadi ke-497, Pemerintah Kabupaten Serang Selenggarakan Pameran Khazanah Mushaf Banten dan Khotmul Qur'an bil Kitabah

Dalam rangka menyambut HAB Kemenag dan Hari Jadi Kabupaten Serang ke-497, Kementerian Agama Kabupaten Serang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Serang dan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Kementerian Agama RI menggelar pameran "Khazanah Mushaf Al-Qur'an Banten dan Khotmul Qur'an bil Kitabah."

Acara bertempat di Lapangan Tennis Indoor Kantor Bupati Kabupaten Serang berlangsung pada Kamis 9 November 2023 mulai pukul 08.00 WIB hingga sore hari.

Pameran khazanah mushaf Al-Qur'an Banten memamerkan sejumlah koleksi Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal di antaranya: Mushaf Era Sahabat dari Yaman dan mushaf Al-Qur'an Usman bin Affan (tertua di dunia) dalam bentuk replika, Mushaf Kuno La Lino, Mushaf Istiqlal, dan sejumlah repro digital Mushaf Al-Qur'an dari Banten hasil penelitian Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an.

Selain itu juga diselenggarakan khotmul Qur'an bil kitabah, yakni khataman menulis secara lengkap 30 juz yang melibatkan 497 santri dari pondok pesantren di wilayah Kabupaten Serang. Penulisan akan diawali oleh Bupati, Kepala Kankemenag, para ulama dan tokoh masyarakat Kabupaten Serang, serta para pejabat daerah.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan dan pemahaman masyarakat terhadap kitab sucinya, serta mendukung program pemerintah daerah dalam rangka pemberantasan buta huruf dan menulis Al-Qur'an. (Sy)

Editor: Mustopa

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved