Susun Pedoman Membaca Al-Qur’an bagi PDSRW, Lajnah Libatkan Komunitas Tuli sebagai Tim Pakar

Salah satu kegiatan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) tahun 2021 adalah membuat pedoman membaca Al-Qur’an bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (PDSRW). Buku panduan ini selesai dibahas dan kaji selama 5 kali pertemuan dan menghasilkan satu buku pedoman yang diharpakan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat muslim Indonesia, khsusunya bagi kalangan PDSRW.

Mengingat buku panduan tersebut diperuntukan bagi penyandang disabilitas sensorik rungu wicara, maka LPMQ melibatkan banyak pihak termasuk dari komunitas tuli pada semua rangkaian acara, tidak hanya sebagai peserta, namun juga sebagai narasumber dan tim pakar yang didaulaut bisa memberikan banyak masukan dan kontribusi untuk buku panduan.

Narsumber dan tim pakar yang terlibat diantaranya adalah, Rama Syahti (Majelis Ta'lim Tuli Indonesia), Aprizar Zakaria (Majelis Ta'lim Tuli Indonesia),  Al Islamabad (Iqro Deaf Community), Tri Purwanti, S.Pd (SLB Islam Qathrunnada Yogyakarta), Innik Hikmatin, S.Pd., M.Pdi. (Resource Center Dispendik Gresik), Dr. Imas Diana Aprilia, M.Pd (Dosen PLB FIP UPI), Pudji Achmad Gani (Rumah Tuli Jatiwangi Majalengka), Nur Indah Harahap (Ibtisamah Mulia Bekasi), Mukhlisin, S.Hi (Pesantren ABATA Temanggung), dan Maskurun (RQ Sahabat Tuli Asy-Syukur Kediri).

Buku panduan ini diselesaikan dalam acara Sidang Penyusunan Membaca Al-Qur’an bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara yang di pada sidang kelima ditutup secara langsung oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Prof. Dr. H. Achmad Gunaryo, M.Soc. Sc. pada Kamis, 11/11 di Hotel Mercure, Jakarta.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Lajnah yang telah menyusun buku pedoman ini, dan menyampaikan terimakasih kepada para peserta, narasumber, dan tim pakar yang terlibat dalam penyusunan buku panduan ini,” jelas Gunaryo.  

Selanjutnya Kepala Badan Litbang dan Diklat berharap LPMQ bisa terus mengembangkan literasi keagamaan yang lain, khsusunya bagi kalangan PDSRW sehingga teman-teman tuli bisa mengakses pendidikan agama, khususnya dalam membaca Al-Qur’an dengan baik. [Must]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved