Mengenal Kitab ‘Aqilah Atrab Karya as-Syatibi (w. 590 H)

Karya ini ditulis oleh Abu Muhammad Qāsim bin Firruh bin Abi al-Qasim Khalaf bin Ahmad al-Ru’aini al-Syaṭibī (w. 590 H/1194 M), berbeda dengan nazam at-Tabyin, nazam al-Muqni ini masih terlacak dan dapat ditemukan versi cetaknya. Karya ini pertama kali di cetak atas hasil penelitian ‘Ali Muḥammad al-Ḍabba‘ yang disusun dalam bentuk kompilasi dengan disiplin ilmu lain mulai dari qira’at, tajwid, rasm, dan hitungan ayat yang diberi judul, Itḥāf al-Bararat bi al-Mutūn al-Ashrat, dicetak di Mesir oleh Maṭba‘ah Musṭafā al-Babī al-Ḥalabī wa Aulāduh pada tahun 1935. (ad-Ḍabba‘, 1935: 317-342). Dalam bentuk cetakan tunggal juga sudah di-taḥqīq oleh Aimān Rushdī Suwaid, ‘Aqī­lat Atrāb al-Qaṣā'id fī Asnā al-Maqāṣid dan dicetak perdana di Jeddah oleh Dār Nūr al-Makta­bāt pada 2001 M/1422 H.

Selengkapnya...

Mengenal Kitab al-Munsif Karya al-Balansi (w. 546 H)

Karya ini ditulis oleh Abu al-Hasan Ali bin Muhammad al-Muradi al-Andalusi al-Balansi (w. 546 H). Namun sayangnya kitab aslinya hilang (mafqudah), beberapa riwayatnya dapat dilihat dalam kitab berbentuk nazam dalam kitab Dalil al-Hairan syarah Maurid Dham’an karya al-Kharraz (w. 718 H).

Selengkapnya...

Seri Penamaan Surah Al-Qur’an: Surah an-Nur/24

Penamaan dalam Mushaf

Surah an-Nūr merupakan surah yang ke-24 dalam susunan mushaf Al-Qur’an. Surah ini terdiri dari 64 ayat dan termasuk golongan surah Madaniyyah (Kemenag, 2009). Nama an-Nūr digunakan pada Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia (MSI) dan mushaf sejumlah negara Muslim lainnya, seperti Maroko, Libya, Mesir, Arab Saudi, dan Pakistan. Nama tersebut juga digunakan pada kitab-kitab tafsir dan hadis. (shihab, 2007)

Selengkapnya...

Seri Penamaan Surah Al-Qur’an: Surah an-Nahl/16

Penamaan dalam Mushaf

Surah an-Naḥl merupakan surah yang ke-16 dalam susunan mushaf Al-Qur’an. Surah ini terdiri dari 128 ayat dan diturunkan di Makkah. Nama an-Naḥl digunakan pada Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia (MSI) dan mushaf sejumlah negara Muslim lainnya, seperti Maroko, Libya, Mesir, Arab Saudi, dan Pakistan. Selain digunakan pada berbagai mushaf dunia, nama an-Naḥl juga masyhur digunakan dalam kitab-kitab tafsir dan hadis. (ad-Dusari, 1426 H)

Selengkapnya...

Seri Penamaan Surah Al-Qur’an: az-Zukhruf/43

Penetapan dalam Mushaf

‘Az-Zukhruf’ yang berarti ‘hiasan’ ini ditetapkan sebagai nama surah ke-43 dalam Mushaf Standar Indonesia. Demikian pula dalam mushaf-mushaf negara lain seperti Mesir, Saudi Arabia (Mushaf Madinah), Pakistan, Libya, dan Marokko.

Selengkapnya...

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4